PPPK Lebih Mudah Dibanding CASN, Ini Alasannya

- Senin, 19 Juli 2021 | 12:50 WIB
Pemerintah telah menetapkan kebutuhan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021 sebanyak 707.622 formasi per tanggal 13 Juni. /Antara Foto/Nova Wahyudi
Pemerintah telah menetapkan kebutuhan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021 sebanyak 707.622 formasi per tanggal 13 Juni. /Antara Foto/Nova Wahyudi

PENDIDIKAN, suaramerdeka-kedu.com - Pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) memiliki kemudahan jika dibandingkan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dalam perekrutan pegawai yang dibuka pemerintah tahun 2021 ini.

Salah satu kemudahan pelamar PPPK adalah tidak menerapkan akreditasi pendidikan.

Seperti diketahui syarat akreditasi pendidikan menjadi persyaratan wajib bagi CPNS.

Baca Juga: Viral, Ada Kasur Anti Sex di Olimpiade Tokyo 2020

Pada seleksi CPNS diwajibkan akreditasi A untuk jurusan maupun universitasnya.

"Di PPPK, persyaratan akreditasi itu tidak ada. Jadi, akreditasi hanya diberlakukan bagi CPNS saja," ujar tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CASN di Kementerian PANRB, Katanaya secara virtual, dikutip Senin (19/7/).

PPPK juga melakukan seleksi. Bedanya, lanjut dia, seleksi di PPPK ada tiga tahapan disertai wawancara sebagai tahap akhir seleksai dengan menggunakan sistem computer assisted test (CAT).

"Seleksi di PPPK punya tiga tahapan, yang pertama seleksi administrasi. Kedua, bukan seleksi SKD dan SKB, tetapi namanya seleksi kompetisi yang terbagi jadi tiga, yaitu seleksi kompetisi teknis, seleksi kompetisi manajerial, dan seleksi sosial kultural. Kemudian, ada tes wawancara. Digunakan untuk menilai integritas dan moralitas," jelasnya.

Baca Juga: Heboh, Rekor Usain Bolt Dikalahkan Britney Spears

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

X