Geliatkan Literasi, HMPS MPI IAINU Kebumen Studi Banding di Sekolah Peradaban Bantul

- Jumat, 21 Januari 2022 | 21:53 WIB
SM/Arif Widodo - DISKUSI : Peserta diskusi saat mengikuti studi banding HMPS MPI IAINU Kebumen di Pondok Pesantren Baitul Kilmah, Bantul, Yogyakarta.
SM/Arif Widodo - DISKUSI : Peserta diskusi saat mengikuti studi banding HMPS MPI IAINU Kebumen di Pondok Pesantren Baitul Kilmah, Bantul, Yogyakarta.

KEBUMEN, suaramerdeka-kedu.com - Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama IAINU Kebumen baru-baru ini melakukan studi banding di Sekolah Peradaban Bantul, Yogyakarta.

Sekolah yang berada di Pondok Pesantren Baitul Kilmah asuhan Aguk Irawan itu diketahui fokus pada pendidikan literasi.

"Jadi kami merasa perlu studi banding di tempat tersebut untuk menggeliatkan literasi, khususnya bagi kalangan mahasiswa MPI IAINU Kebumen," kata Kaprodi MPI
IAINU Kebumen, Bahrun Ali Murtopo, Jumat (21/1).

Baca Juga: Hebat! 6 Prodi FMIPA UII Raih Pengakuan Internasional

Sebanyak 60 peserta antusias mengikuti studi banding selama sehari itu. Aguk Irawan yang didampingi pengelola Sekolah Peradaban Bantul Ali Adhin menerima kunjungan HMPS IAINU Kebumen dengan hangat. Mereka pun mengulas manajemen strategi penulisan dan saling berdiskusi.

Bahrun berharap setelah mengikuti kegiatan tersebut, para peserta lebih maksimal dalam menulis. Mengingat, dunia tulis menulis menjadi hal wajib kalangan akademik dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi, meliputi pengajaran, penelitian dan pengabdian.

"Kami juga menekankan agar mahasiswa maupun dosen melakukan jihad melalui penelitian, berhidmat dengan pengabdian dan berdakwah lewat publikasi karya ilmiah," ucapnya.

Tidak Tertekan

Di lingkungan IAINU Kebumen sendiri telah dimulai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) yang dipimpin oleh Agus Salim Chamidi.

Baca Juga: Sleman Mulai Buka PTM 100 Persen

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

X