Sleman Mulai Buka PTM 100 Persen

- Selasa, 18 Januari 2022 | 15:26 WIB
Ilustrasi Pemrov DKI Jakarta laksanakan PTM 100% (pexels-photo-1153976-Artem Beliakin)
Ilustrasi Pemrov DKI Jakarta laksanakan PTM 100% (pexels-photo-1153976-Artem Beliakin)

SLEMAN,suaramerdeka-kedu.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sleman mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) kapasitas 100 persen pada Senin (17/1) kemarin. Pembelajaran penuh ini diterapkan di semua jenjang dari TK hingga SMP.

Sleman bisa menggelar PTM 100 persen karena masuk kategori A yakni berada di wilayah PPKM level 1 atau 2, dan 80 persen tenaga pendidik telah memperoleh vaksinasi Covid-19 dosis lengkap.

Kepala Disdik Sleman Ery Widaryana mengatakan, sebelum memutuskan PTM 100 persen, pihaknya sudah berkoordinasi dengan OPD terkait termasuk kapanewon, dan jajaran TNI serta polisi agar ke depan, monitoring dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga: Tepis Dosen dan Mahasiswa Kalis, Sekolah Etnografi Disabilitas Diluncurkan

"Dengan PTM seratus persen diharapkan bisa efektif, dan anak-anak semangat kembali ke sekolah. Nanti disesuaikan dengan kurikulumnya terutama materi-materi penting yang saat PJJ (pembelajaran jarak jauh) tidak bisa tersampaikan," jelas Ery, Selasa (18/1).

Diakui Ery, banyak hambatan yang dihadapi selama hampir dua tahun penyelenggaraan PJJ. Selain kendala orang tua dalam melakukan pendampingan, guru juga acap kesulitan memantau langsung peserta didik.

Implementasi PTM terbatas yang diterapkan sejak awal Oktober 2021 juga dirasa tidak maksimal, khususnya menyangkut penguatan karakter. Pemkab Sleman juga tidak gegabah dalam memutuskan PTM 100 persen.

Baca Juga: Ternyata Air Limbah Tempe Ada Manfaatnya, Mahasiswa Latih Warga Cara Membuatnya

Sebelumnya, sudah dilakukan evaluasi selama rentang dua minggu dimulainya semester genap tahun ajaran 2021/2022. Hasilnya, semua sekolah dinilai sudah menerapkan prokes sesuai standar dan tidak ada penularan kasus Covid-19.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

X