Apakah Mobil Listrik Berfungsi Maksimal Ketika Musim Dingin ? Begini Cara Agar EV Tetap Beroperasi

- Selasa, 15 November 2022 | 09:47 WIB
mobil Wuling merupakan mobil listrik berbentuk mungil (tangkap layar Magenta Otomotif)
mobil Wuling merupakan mobil listrik berbentuk mungil (tangkap layar Magenta Otomotif)

OTOMOTIF, kedu.suaramerdeka.com - Salah seorang ahli otomotif memberikan saran kepada pemilik mobil listrik tentang perawatan ketika dalam musim dingin.

Dikutip dari express.co.uk baterai ion lithium yang ada dalam obil listrik akan  melambat ketika dalam cuaca dingin.

Efeknya baterai yang berfungsi sebagai sumber tenaga mobil listrik tidak bekerja secara efektif.

Louis Rix, yang bekerja di bidang otomotif, telah berbagi cara terbaik untuk merawat baterai dan bagian lain dari EV. 

Louis, salah satu pendiri dan COO CarFinance 247, mengatakan mengemudi dengan penuh kesadaran dapat membantu pengendara menghemat daya dan meningkatkan jangkauan mobil listrik mereka dalam cuaca dingin.

"Berkendara dengan kecepatan tetap dan hindari akselerasi atau pengereman mendadak. Anda juga bisa menghemat energi dengan mematikan radio dan tidak menggunakan pemanas," kata Louis hari ini.

"Menyimpan mobil Anda di garasi atau tempat parkir tertutup semalaman dapat membantu menjaga baterai tetap hangat. Tidak punya garasi? Menyimpannya di bawah penutup juga bisa membuat perbedaan."

Pakar juga menyebut penggunaan ban musim dingin, yang dapat membantu pengemudi tetap aman saat cuaca berubah.

Louis melanjutkan: "Lokasi baterai dapat memberikan mobil listrik pusat gravitasi rendah, yang meningkatkan traksi di salju, tetapi mereka juga bisa lebih berat daripada mobil bensin atau diesel, membuat mereka lebih sulit dikendalikan dalam kondisi dingin.

"Jika Anda khawatir tentang cuaca basah - bagaimanapun juga, listrik dan air tidak bercampur - maka jangan! EV memiliki tindakan pencegahan sehingga percikan air tidak mungkin menyebabkan kerusakan, tetapi tetap merupakan praktik yang baik untuk menghindari mengemudi. melalui jalan yang terendam."

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

X