Pekerja DLH Alami Kecelakaan Kerja, BPJS Ketenagakerjaan Tanggung Biaya Perawatan

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 21:10 WIB
(Dokumentasi BPJS Ketenagakerjaan)
(Dokumentasi BPJS Ketenagakerjaan)

Salah seorang pegawai harian lepas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Purworejo, Budi Purnomo, mengalami kecelakaan kerja saat akan memperbaiki listrik di GOR WR Supratman, Purworejo.

Sebelum sampai tempat tujuan, sepeda motor viar yang dikendarainya oleng dan menabrak tiang listrik. Tulang kedua kaki Budi Purnomo pun patah.

Suhardi, pegawai DLH Kabupaten Purworejo lainnya, mengatakan sejak 16 Juli 2022 Budi Purnomo sudah bekerja kembali. Namun, kini beralih pada bidang drafting kelistrikan.

Budi Purnomo, lanjut Suhardi, masih melakukan kontrol ke rumah sakit sebulan sekali guna mengecek kondisi kaki dan fisioterapi. Untuk kaki kanan yang patah, dia telah memakai kaki palsu untuk membantu mobilitas dalam bekerja.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Magelang, Budi Pramono menerangkan, kejadian yang melingkupi kecelakaan kerja baik di kantor, perjalanan ke tempat pekerjaan, atau berangkat dan pulang kerja serta pada saat berdinas menjadi tanggung jawab penuh dari BPJS Ketenagakerjaan.

"Saya harap seluruh stakeholder terutama pemerintah daerah yang memiliki pekerja non-ASN, baik PHL atau honorer wajib terdaftar program jaminan sosial ketenagakerjaan di BPJS Ketenagakerjaan," kata Budi dalam keterangan tertulis, Kamis (11/8/2022).

Budi menyebut saat ini Budi Purnomo masih dalam pemantauan perawatan dari rumah sakit dan seluruh biaya pengobatan serta perawatan ditanggung BPJS Ketenagakerjaan.

"Budi (Purnomo) juga akan mendapatkan Santunan Tidak Mampu Bekerja (STMB) akibat cacat total tetap yang dialami olehnya pada kaki kanannya. STMB yang didapatkan berdasarkan presentase kecacatan dari diagnosis dokter yang memeriksa," imbuh Budi.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Api Merapi Kobarkan Semangat Porda-Peparda DIY

Senin, 29 Agustus 2022 | 08:42 WIB

Perbaikan Venue dan Peluncuran Maskot

Senin, 29 Agustus 2022 | 08:41 WIB

Persiapan Porda Maksimal, Sleman Percaya Diri

Senin, 29 Agustus 2022 | 08:39 WIB

Atjong Tio Raih Catatan Waktu Tercepat

Minggu, 14 Agustus 2022 | 17:13 WIB

Wapres: Kuatkan Moderasi Beragama

Kamis, 11 Agustus 2022 | 20:30 WIB

Capaian Iuran BPJS Kesehatan 2021 Meningkat

Rabu, 6 Juli 2022 | 16:00 WIB
X