Korban Kecelakaan Kerja Terima Bantuan Tangan Robotik

- Sabtu, 11 Juni 2022 | 10:17 WIB
Eko Suryanto, operator maintenance di PT Sinar Agung Selalu Sukses Semarang, saat mencoba bantuan tangan robotik. (Dokumentasi BPJS Ketenagakerjaan)
Eko Suryanto, operator maintenance di PT Sinar Agung Selalu Sukses Semarang, saat mencoba bantuan tangan robotik. (Dokumentasi BPJS Ketenagakerjaan)

Tangan Eko Suryanto, operator maintenance di PT Sinar Agung Selalu Sukses Semarang, mesti diamputasi. Pasalnya, tangan Eko tergilas roda conveyor saat ia sedang membersihkan mesin tersebut.

Dia pun mendapatkan perawatan, sekaligus mendapat bantuan protese tangan robotik, atau bisa disebut filly hand, dari Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND).

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Anggoro Eko Cahyo mengatakan, perawatan dan bantuan tersebut merupakan fasilitas untuk menangani peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Jamsostek Rp2,2 M kepada Pekerja Surabaya

RSND, atau dikenal Pusat Pelayanan Kecelakaan Kerja, sendiri adalah mitra kerja BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Magelang, Budi Pramono menyebut, untuk biaya perawatan dan pengobatan akan ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Ketenagakerjaan dan peserta tidak dipungut biaya.

"Kami adalah lembaga negara yang menyelenggarakan program pemerintah, tentu saja jika peserta sudah melakukan pembayaran iuran rutin, dan terjadi kecelakaan kerja, pasti akan kami tanggung sepenuhnya. Termasuk jika peserta harus menggunakan alat bantu organ tubuh seperti kaki palsu atau tangan palsu," terang Budi.

"Saya sangat berterima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan yang sejak awal sangat membantu. Saya berterima kasih dan bersyukur banget walaupun kehilangan tangan satu tapi masih diberi kesempatan untuk hidup," kata Eko.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen mengatakan, jaminan sosial ketenagakerjaan penting bagi setiap profesi.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Luncurkan Program Rehab

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Api Merapi Kobarkan Semangat Porda-Peparda DIY

Senin, 29 Agustus 2022 | 08:42 WIB

Perbaikan Venue dan Peluncuran Maskot

Senin, 29 Agustus 2022 | 08:41 WIB

Persiapan Porda Maksimal, Sleman Percaya Diri

Senin, 29 Agustus 2022 | 08:39 WIB

Atjong Tio Raih Catatan Waktu Tercepat

Minggu, 14 Agustus 2022 | 17:13 WIB

Wapres: Kuatkan Moderasi Beragama

Kamis, 11 Agustus 2022 | 20:30 WIB

Capaian Iuran BPJS Kesehatan 2021 Meningkat

Rabu, 6 Juli 2022 | 16:00 WIB
X