BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Jamsostek Rp2,2 M kepada Pekerja Surabaya

- Kamis, 9 Juni 2022 | 16:35 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (tiga dari kanan) menyerahkan klaim pembayaran jaminan sosial ketenagakerjaan secara simbolis kepada Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak di Surabaya. (Dokumentasi BPJS Ketenagakerjaan)
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (tiga dari kanan) menyerahkan klaim pembayaran jaminan sosial ketenagakerjaan secara simbolis kepada Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak di Surabaya. (Dokumentasi BPJS Ketenagakerjaan)

BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan uang jaminan sosial ketenagakerjaan (jamsostek) senilai Rp2,2 miliar kepada 10 pekerja di Surabaya, beberapa waktu lalu.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Sosial Tri Rismaharini, dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Anggoro Eko Cahyo mengatakan, total uang jamsostek kepada peserta di Jawa Timur periode Mei 2021 hingga Mei 2022 mencapai Rp6,1 triliun. Dari nominal ini, ada jumlah kasus lebih dari 523 ribu.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Raih Peringkat 3 Pengawasan Kearsipan 2021

Adapun program jamsostek meliputi jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan kematian (JKM), jaminan pensiun (JP), jaminan hari tua (JHT), jaminan kehilangan pekerjaan (JHP), dan beasiswa.

Untuk bantuan beasiswa pendidikan anak dengan periode yang sama sebesar Rp31,3 miliar untuk 10.514 anak.

"Jumlah tenaga kerja yang terlindungi BPJS Ketenagakerjaan di Jawa Timur per April 2022 berada pada kisaran 27 persen," ujar Anggoro dalam keterangan tertulis, Kamis (9/6).

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Salurkan 360 Paket Sembako untuk Buruh di Kedu

"Kami mengajak seluruh pekerja dan pemberi kerja untuk memastikan dirinya terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan. Dengan memiliki perlindungan, pekerja yang sedang bekerja hingga keluarganya yang menanti di rumah dapat menjalaninya dengan tenang," lanjutnya.

Sementara, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Magelang, Budi Pramono menyatakan, BPJS Ketenagakerjaan memberikan pelayanan yang menjamin keberlangsungan hidup pekerja di masa mendatang.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Capaian Iuran BPJS Kesehatan 2021 Meningkat

Rabu, 6 Juli 2022 | 16:00 WIB

Luhut Minta DPR Tak Cari Popularitas

Jumat, 10 Juni 2022 | 10:23 WIB
X