Pemerintah Terus Benahi Birokrasi, PNS Siap-siap Kiamat

- Selasa, 10 Mei 2022 | 20:32 WIB
Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) (SM/Dok)
Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) (SM/Dok)

NASIONAL, suaramerdeka-kedu.com - Saat ini pemerintah sedang mengupayakan pembenahan tubuh birokrasi. Adapun itu Pegawai Negeri Sipil (PNS) jadi salah satu yang akan dirombak.

Tidak di pungkiri bahwa keputusan tersebut pasti sudah terfikirkan dengan matang. Banyak kasus yang terjadi pada ASN mulai dari keterlambatan, ketidakdisiplinan dan kasus lainya menjadi salah satu alasan, selain itu juga kemajuan zaman yang kini memanfaatkan robot sebagai pembantu manusia juga menjadi alasan.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mencatat ada lebih dari 1,5 juta Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bakal digantikan oleh tenaga robot di kemudian hari. Mereka pemegang posisi pelaksana.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Kemenpan-RB Alex Denni mengatakan, PNS yang memiliki jabatan pelaksana ini adalah yang bakal paling rentan untuk digantikan oleh teknologi atau robot.

"Perlu kita lihat 38% dari ASN ini melakukan pekerjaan-pekerjaan pelaksana yang notabene sebetulnya kalau yang kita lakukan transformasi digitalisasi SPBE ( Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) dan lain-lain, ini berpotensi digantikan oleh teknologi," ujarnya.

Dengan kondisi ini, maka ia menegaskan pemerintah memiliki tugas yang begitu besar untuk bisa menyelamatkan para ASN pelaksana tersebut. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas dan keahliannya agar bisa melaksanakan tugas lainnya.

"Jadi kita punya PR bagaimana kawan-kawan yang melaksanakan pekerjaan-pekerjaan pelaksana ini ke depan kalau bisa di upskill dan re-skill," jelasnya.

Menurutnya, dengan peningkatan kemampuan dan keahlian ini, maka para ASN pelaksana tersebut diharapkan bisa mengisi posisi yang memang sangat dibutuhkan oleh Kementerian/Lembaga saat ini.

"Dan kita harapkan kemungkinan mereka bisa melakukan pekerjaan yang value added sifatnya," tegasnya.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Luhut Minta DPR Tak Cari Popularitas

Jumat, 10 Juni 2022 | 10:23 WIB
X