Dirjen Pemasyarakatan dan Bappenas Kunjungi Nusakambangan

- Jumat, 1 April 2022 | 05:34 WIB
SM/dok - KUNJUNGAN: Rombongan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan Bappenas mengunjungi Pulau Nusakambangan dalam kegiatan bertajuk Supervisi dan Sinkronisasi Pelaksanaan Kebijakan Pemasyarakatan, Rabu (30/3) lalu.
SM/dok - KUNJUNGAN: Rombongan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan Bappenas mengunjungi Pulau Nusakambangan dalam kegiatan bertajuk Supervisi dan Sinkronisasi Pelaksanaan Kebijakan Pemasyarakatan, Rabu (30/3) lalu.

CILACAP, SUARA MERDEKA - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan Bappenas melakukan kunjungan bertajuk Supervisi dan Sinkronisasi Pelaksanaan Kebijakan Pemasyarakatan di Pulau Nusakambangan, Rabu (30/3) lalu.

Kunjungan diawali ke Balai Pemasyarakatan Kelas II Nusakambangan. Kepala Bapas II Nusakambangan, Johan Arya Sadhewa menyampaikan tahapan revitalisasi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

"Di Nusakambangan revitalisasi WBP berisiko tinggi saat awal masuk dilakukan penelitian kemasyarakatan selama enam bulan untuk menentukan apakah sudah berkelakuan baik, sudah baik atau belum untuk dipindahkan ke level selanjutnya. Setelah itu kembali dilakukan litmas lanjutan," paparnya.

Baca Juga: Bapas II Magelang Deklarasikan Janji Kinerja dan ZI

Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard Silitonga menilai, revitalisasi WBP hanya ideal di Nusakambangan karena di tempat lain tidak memungkinkan.

"Untuk melakukan sistem pemasyarakatan itu, bandar narkoba dan teroris dipindah ke Nusakambangan untuk dilakukan revitalisasi," katanya.

Kunjungan selanjutnya rombongan menuju Lapas Maksimum Sekuriti Ngaseman. Deputi Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan Bappenas Slamet Soedarsono mengatakan, di lapas ini akan ada 88 kamera dengan fitur face and behavior recognition hingga pendeteksi suhu. Pasalnya, lapas akan diisi narapidana kasus narkotika dan terorisme.

Baca Juga: Cegah Sebaran Covid-19, 8 Narapidana Lapas IIA Magelang Terima Asimilasi

Kunjungan terakhir mereka meninjau Lapas Kelas IIA Permisan dan Lapas Kelas IIA Karanganyar.

 

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Luhut Minta DPR Tak Cari Popularitas

Jumat, 10 Juni 2022 | 10:23 WIB
X