Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

- Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB
BARONGSAI: Koh Siang dan salah satu hasil kerajinan barongsainya, saat ditemui di kediamannya, Kamis (19/1). (SM/Mindeka Aljabbar Faozan)
BARONGSAI: Koh Siang dan salah satu hasil kerajinan barongsainya, saat ditemui di kediamannya, Kamis (19/1). (SM/Mindeka Aljabbar Faozan)



MAGELANG – Barongsai lekat kaitannya dengan perayaan hari raya Imlek, dan digambarkan sebagai simbol yang membawa rezeki.

Dimas Sandi (67) atau yang akrab disapa Koh Siang, merupakan seorang pengrajin barongsai asal Magelang.

Meski menyandang disabilitas sejak 12 tahun yang lalu, tidak menghalangi semangatnya dalam membuat barongsai hingga saat ini.

“Barongsai adalah tarian rakyat Tionghoa yang menurut legenda merupakan mahluk yang diperintahkan tuhan yang maha Esa untuk menyampaikan rezeki kepada orang yang meminta.

Misalnya seorang petani yang ingin panen padi yang baik dan melimpah, lalu kesuksesan untuk membuka toko, pemberkatan dalam pernikahan, dan lainnya sesuai yang diminta. Sebelum dimainkan juga ada ritualnya dulu untuk pemberkatan,” ucapnya.

Sejak usia 5 tahun, dia sudah dilatih kakeknya untuk membuat barongsai. Menurutnya dalam pembuatan barongsai, diperlukan pengilhaman dan seni, serta tidak dapat dibuat dengan tergesa-gesa.

“Bekal awalnya harus senang dulu, kemudian tidak asal jadi langsung jual. Kalau itu tidak dijiwai bentuknya tidak akan bagus, karena ini memerlukan ketelatenan yang tidak bisa dibuat tergesa-gesa,” terangnya.

Dia menuturkan, barongsai dapat dibuat setiap waktu saat santai, karena proses pembuatan kepala hingga pakaiannya memerlukan waktu sekitar 3 bulan.

“Perlu dianyam satu persatu sampai bentuknya bagus dan pakem, kemudian dilembari dengan kain atau kertas beberapa lapis, lalu dengan dempul, baru dikasih cat dasar.

Perlu waktu untuk menunggunya sampai kering, makanya barongsai itu dibuat pas santai, jadi nanti kalau dipakai sewaktu-waktu sudah ada barangnya,” tuturnya.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X