KPU Wonosobo Telah Melantik 795 Panitia Pemugutan Suara Untuk Pemilu 2024

- Rabu, 25 Januari 2023 | 14:31 WIB
PPS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonosobo melantik 795 Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Gedung Sasana Adipura, Selasa (24/1).  (SM/ Pelangi Karismakristi)
PPS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonosobo melantik 795 Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Gedung Sasana Adipura, Selasa (24/1). (SM/ Pelangi Karismakristi)

WONOSOBO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonosobo melantik 795 Panitia Pemungutan Suara (PPS). Ratusan PPS ini bertugas untuk membantu penyelenggaraan Pemilu 2024 pada tingkat desa.

Dalam waktu dekat, KPU akan melaksanakan tahapan pemilu yakni pendaftaran pantarlih. Ketua KPU Wonosobo Asma Khozin mengatakan, sebanyak 795 orang PPS telah dilantik.

Selain itu, KPU juga memberikan pembekalan yakni materi soal tahapan dan regulasi pemilu, serta persiapan teknis rekrutmen panitia pendaftaran pemilih (pantarlih).

PPS langsung bekerja setelah dilantik ini hingga awal Januari 2025 usai pilkada. Tugas mereka membantu penyelenggaraan pemilu di semua tahapan, baik sosialisasi, tahapan teknis, tahapan evaluasi di tingkat desa.

Kami juga sudah tugaskan mereka untuk besok mulai sowan ke perangkat desa masing-masing,” jelas Asma Khozin usai pelantikan di Gedung Sasana Adipura, Selasa (24/1).

Asma menilai, proses rekrutmen anggota PPS tahun ini mendapat antusias yang baik dari masyarakat. Terbukti dari aplikasi Siakba ada 3000 lebih akun yang mendaftar, sedangkan yang mengikuti tes 1900 an.

“Nah yang lolos ini 795. Jadi antara yang punya akun dan yang lolos itu hanya 30 persennya. Ini cukup baik dan menunjukkan lulusan SMA SMK luas biasa banyak sehingga ini bisa jadi bekal awal untuk rekrut pantarlih.

Kami dorong teman-teman PPS untuk jemput bola, bagi yang belum lolos ini bisa daftar pantarlih,” kata Asma.

KPU, sambung Asma, juga menyiapkan antisipasi kepada petugas pemilu agar tak terjadi insiden seperti sebelumnya.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X