Banyak Sapi Terdampak PMK, Produksi Susu Sapi Rentan Menurun

- Rabu, 25 Januari 2023 | 10:22 WIB
PASAR HEWAN - Aktivitas jual beli hewan ternak di Pasar Hewan Wonolelo belum lama ini.  (SM/ Pelangi Karismakristi)
PASAR HEWAN - Aktivitas jual beli hewan ternak di Pasar Hewan Wonolelo belum lama ini. (SM/ Pelangi Karismakristi)

WONOSOBO - Jumlah kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada 2022 mencapai 1888. Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (Paperkan) menyebut hingga pertengahan Januari ini terdapat tren kenaikan PMK. Sapi yang terkena PMK rentan menurun produksi susunya.

Dokter Hewan pada Bidang Peternakan Dinas Paperkan Heri Kuswanto menyebut sepanjang tahun 2022, jumlah kasus PMK di Wonosobo mencapai 1.888. Pihaknya pun telah menyuntikkan ribuan dosis pada hewan ternak, terutama sapi.

“Sudah sekitar 7000 an dosis vaksin untuk sapi dan domba. Sapi sendiri pada angka 4000 an, domba sekitar seribu. Itu untuk vaksin dosis satu dan dua. Nanti masih kami teruskan lagi hingga dosis ketiga,” kata Heri yang ditemui di Pasar Hewan Wonolelo belum lama ini.

Dikatakan Heri, pada awal ini terdapat tren kenaikan kasus PMK. Hingga pertengahan Januari, lanjut Heri, sudah tercatat hingga 50 kasus PMK dan diketahui kebanyakan hewan terjangkit adalah yang belum divaksin.

“Bulan Januari tren agak naik hampir tiap hari kami dapat laporan, namun tidak seperti saat meledak jumlahnya pada Juni dan Juli 2022.

Kalau di Wonosobo memang kasus PMK bisa tidak seperti di kota lain, seperti Boyolali, Blora atau Rembang, yang populasinya juga banyak ,” kata dia.

PMK, lanjut Heri menjadi penyakit yang mestinya perlu mendapat perhatian serius. Sebab, sapi yang telah terjangkit PMK berakibat menurunnya kualitas seperti bobot tubuhnya.

“Terutama pada sapi perah, produksinya yang biasanya 10 sampai 15 liter bisa turun hingga 30 hingga 50 persennya. Karena selain menyerang kulit juga organ dalamnya. Apalagi kalau yang terserang organ dalamnya itu pemulihan lama,” ucap Heri.

Maka dari itu, lanjut Heri, pihaknya terus melakukan sosialisasi pada pedagang atau pembeli agar selalu waspada.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X