Vaksin Booster Kedua di Magelang Diberikan Mulai Hari Ini

- Selasa, 24 Januari 2023 | 09:22 WIB
Seorang nakes di RSUD Muntilan menyuntikkan vaksin penguat dosis kedua kepada nakes lainnya, Rabu (10/8/2022). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)
Seorang nakes di RSUD Muntilan menyuntikkan vaksin penguat dosis kedua kepada nakes lainnya, Rabu (10/8/2022). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)

MAGELANG, SUARA MERDEKA - Vaksinasi Covid-19 dosis penguat atau booster kedua di Kabupaten Magelang dapat dilakukan mulai hari ini, Selasa (24/1/2023). Vaksin ini dapat diberikan untuk masyarakat umum usia 18 tahun ke atas.

"Bisa mas (vaksinasi booster kedua)," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Sunaryo saat dihubungi Suara Merdeka, Senin (23/1/2023).

Pemberian vaksin penguat kedua bagi masyarakat umum dapat dilakukan sesuai dengan Surat Edaran Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Nomor 380 Tahun 2023 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Kedua bagi Kelompok Masyarakat Umum.

Sunaryo mengatakan, jenis vaksin yang tersedia untuk vaksin penguat kedua adalah Pfizer. "(Stok vaksin Pfizer) lima ribu lebih," ungkap dia.

Baca Juga: Bappeda Litbangda Magelang Rilis Klinik Kekayaan Intelektual, Apa Itu?

Selain Pfizer, merujuk surat edaran, jenis vaksin penguat kedua yang digunakan ada Indovac, Inavac, Zifivax, Moderna, Sinopharm, AstraZeneca, Sinovac, Covovax, dan Janssen.

Adapun Indovac dan Inavac, yang merupakan vaksin buatan dalam negeri, dapat diberikan sebagai vaksin penguat kedua bagi masyarakat yang mendapatkan vaksin penguat pertama dengan jenis vaksin Sinovac.

Sedangkan Pfizer bisa diberikan kepada masyarakat yang mendapatkan jenis vaksin penguat pertama dengan Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, Moderna, dan Janssen.

Sementara Zifivax bisa diberikan untuk masyarakat yang mendapat vaksin penguat pertama Sinovac dan Sinopharm. Janssen bisa diberikan sebagai dosis penguat pertama Janssen. Sinopharm bisa diberikan sebagai dosis penguat pertama Sinovac dan Sinopharm.

Baca Juga: Lanjutan Kasus Perselingkuhan Kades & Guru di Magelang

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X