Dinas Paperkan Temukan Sapi Terkonfirmasi Penyakit Kulit Berbenjol

- Minggu, 22 Januari 2023 | 12:41 WIB
SAPI - Aktivitas jual beli ternak sapi di Pasar Hewan Wonolelo, Jumat (20/1). (SM/ Pelangi Karismakristi)
SAPI - Aktivitas jual beli ternak sapi di Pasar Hewan Wonolelo, Jumat (20/1). (SM/ Pelangi Karismakristi)

WONOSOBO - Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (Paperkan) menemukan satu ekor sapi terkonfirmasi penyakit kulit berbenjol atau lumpy skin desease (LSD).

Oleh karenanya Dinas Paperkan intens kan pengawasan terhadap jual beli sapi di pasar hewan. Pedagang yang menemukan hewan ternaknya terindikasi LSD sebaiknya tidak membawa ke pasar hewan.

Dokter Hewan di Bidang Peternakan Dinas Paperkan drh. Heri Kuswanto menjelaskan, LSD merupakan penyakit kulit berbentol pada hewan sapi dan kerbau. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan sangat mudah menular dari sapi satu ke yang lain.

Ditambahkan Heri, gejala hewan yang terkena LSD adalah suhu tubuh panas, tidak mau makan dan di kulitnya timbul benjol-benjol di sekitar punggung, leher dan perut.

"TInggi benjolannya ini seperti uang logam, kalau tak segera diobati akan makin parah. Lalu yang perlu diwaspadai itu dari gigitan serangga seperti lalat dan nyamuk yang menempel pada sapi. Itu bisa menular ke sapi satu ke yang lain," kata drh. Heri yang ditemui di Pasar Hewan Wonolelo.

Heri menambahkan, pihaknya menemukan satu ekor sapi yang terkonfirmasi terjangkit LSD. Temuan tersebut bermula dari laporan Petugas Pasar Hewan Banjarnegara, yang mana menjumpai sapi dari Wonosobo terindikasi penyakit tersebut.

"Senin kemarin kami mendapat telepon bahwa sapi dari Wonosobo yang dibawa pedagang ditolak masuk di pasar hewan Banjarnegara karena terindikasi LSD.

Kami kemudian melakukan penelusuran, asalnya dari Mojosari, Mojotengah. Lalu kami investigasi, dan kami obati, kami tinggali disinfektan pada kandanganya," imbuh Heri.

Sebagai langkah antisipasi, lanjut Heri, pihaknya intens memantau jual beli sapi di sejumlah pasar hewan.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X