Lengger Juga Harus Memiliki Wawasan Luas dan Menjunjung Harkat Martabatnya

- Rabu, 7 Desember 2022 | 14:43 WIB

WONOSOBO, suaramerdeka-kedu.com - Penari lengger ditekankan tak hanya piawai menari saja, melainkan juga menjunjung tinggi harkat martabat serta beretika. Lengger Idol menjadi ajang pencarian bibit lengger Wonosobo yang juga memiliki wawasan luas. Event ini mendapat sambutan baik dari para peserta. 

Sejumlah 150 peserta mengikuti audisi Lengger Idol yang digelar oleh Dewan Kesenian Daerah (DKD) Wonosobo. Seleksi atau audisi berlangsung selama dua hari, Selasa (6/12) dan besok Rabu (7/12). 

Ketua Audisi Lengger Idol Dwi Pranyoto menjelaskan, ada 150 peserta dari berbagai kecamatan di Wonosobo mengikuti event tersebut. Nantinya peserta akan disaring menjadi 45 orang yang tiap kecamatan diambil tiga peserta.

Baca Juga: Prosentase Penurunan Kemiskinan di Wonosobo di Atas Rata-rata Angka Provinsi

"Mereka akan diambil lagi 15 besar dan mengikuti pembekalan. Setelah itu pada grand final diambil 6 besar. Mereka tak hanya diuji keterampilan menari nya melainkan juga wawasannya,” kata Dwi yang ditemui di Aula Kelurahan Wonosobo Barat. 

Dikatakan Dwi, Lengger Idol digelar untuk mengangkat harkat martabat lengger itu sendiri. Sehingga para lengger dituntut tak hanya bertalenta saja melainkan juga beretika dan berwawasan luas. 

“Saat audisi juga ada sesi wawancara pada peserta karena kami ingin lengger juga tahu etika serta unggah ungguh dan sopan santun, tak hanya saat menari saja. Pada saat grand final juga ada tes pariwisata Wonosobo, sejarah lengger dan Bahasa Jawa yang sudah agak terkikis. Kami mengajak bagaimana lengger ini bisa vokal,” imbuh Dwi. 

Ditambahkan Dwi, lengger Wonosobo memiliki ciri khas sendiri. Di antaranya pada kostum yang dikenakan, gerakan, penggunaan selendang atau sampur dan juga pada musik iringannya. “Ada jamang berbulu tengah, memakai rompi, jariknya motif parang. Dari sisi langkah, penari mengikuti irama kendangan serta sampur yang dikalungkan di leher,” imbuh pria yang juga duduk sebagai Komite Seni Tradisi DKD. 

Event ini mendapat sambutan baik dari peserta, salah satunya adalah Surati (25) dari Kecamatan Watumalang. Dia termotivasi mengikuti Lengger Idol untuk menambah wawasan dan wujud kecintaan pada seni tradisional ini. 

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Terkini

Ganjar Tinjau Proyek Masjid Agung di Magelang

Selasa, 31 Januari 2023 | 20:56 WIB

Kapolres Magelang Kota Pimpin Upacara HUT Satpam Ke 42

Selasa, 31 Januari 2023 | 15:37 WIB

Wartawan Suara Merdeka Juara Menulis Lingkungan

Senin, 30 Januari 2023 | 15:19 WIB

Read Aloud Magelang Resmi Dilaunching

Minggu, 29 Januari 2023 | 21:55 WIB

Panglima TNI Tinjau Kantor Pemkot Magelang

Minggu, 29 Januari 2023 | 17:05 WIB
X