DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

- Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB
Anggota DPRD Kabupaten Purworejo Eko Januar Susanto saat memberikan paparan dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional, di pendapa rumah dinas Bupati Purworejo (SM/Hafidz Kurnia)
Anggota DPRD Kabupaten Purworejo Eko Januar Susanto saat memberikan paparan dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional, di pendapa rumah dinas Bupati Purworejo (SM/Hafidz Kurnia)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com - DPRD Kabupaten Purworejo mendorong agar Peraturan Bupati (Perbup) tentang disabilitas segera dibuat oleh Pemerintah Daerah.

Peraturan Daerah (Perda) disabilitas telah dibuat pada tahun 2018, namun hingga tahun 2022 belum juga ditindaklanjuti dengan pembuatan Perbup.

Hal itu disampaikan oleh Anggota DPRD Kabupaten Purworejo Eko Januar Susanto saat menjadi narasumber dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional, di pendapa rumah dinas Bupati Purworejo, Senin (5/12).

Dalam kesempatan itu, Eko memaparkan bagaimana perjalanan para penyandang disabilitas di Kabupaten Purworejo dalam memperjuangkan Perda disabilitas.

"Sekitar tahun 2016 saat saya masih di komisi 1 bidang pemerintahan dan hukum, kita kedatangan dari teman-teman disabilitas, kita diskusi waktu itu, apa yang harus diperjuangkan," kata Ketua Komisi III DPRD Purworejo itu.

Waktu itu, lanjutnya, teman-teman disabilitas meminta DPRD menginisiasi materi Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang perlindungan, pemberdayaan dan penyelenggaraan disabilitas.

Baca Juga: RSUD Tjitrowardojo Komitmen Jadi Rujukan Terbaik di Jateng Selatan

"Singkat cerita kita terima pada tahun 2018, masa persidangan pertama langsung dibahas dan berhasil diundangkan, Perda no 8 tahun 2018 itu sekarang sudah berjalan, kita punya Perda disabilitas ini sudah 4 tahun," jelasnya.

Namun begitu, lanjut Eko, setelah empat tahun berjalan ini belum juga ada tindak lanjut dari Perda tersebut. Disampaikan, Perda tersebut belum bisa benar-benar diimplementasikan kepada para penyandang disabilitas lantaran belum dipayungi sebuah Perbup.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ganjar Tinjau Proyek Masjid Agung di Magelang

Selasa, 31 Januari 2023 | 20:56 WIB

Kapolres Magelang Kota Pimpin Upacara HUT Satpam Ke 42

Selasa, 31 Januari 2023 | 15:37 WIB

Wartawan Suara Merdeka Juara Menulis Lingkungan

Senin, 30 Januari 2023 | 15:19 WIB

Read Aloud Magelang Resmi Dilaunching

Minggu, 29 Januari 2023 | 21:55 WIB

Panglima TNI Tinjau Kantor Pemkot Magelang

Minggu, 29 Januari 2023 | 17:05 WIB
X