Pohon Kelapa Timpa Selter di Situs Brongsongan, Borobudur

- Senin, 5 Desember 2022 | 13:00 WIB
Situs Brongsongan di Dusun Brongsongan, Wringinputih, Borobudur, Magelang, Senin (5/12/2022). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)
Situs Brongsongan di Dusun Brongsongan, Wringinputih, Borobudur, Magelang, Senin (5/12/2022). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)

MAGELANG, SUARA MERDEKA - Selter yang menaungi Situs Brongsongan di Dusun Brongsongan, Desa Wringinputih, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang roboh. Penyebabnya akibat pohon kelapa di sekitarnya tumbang.

Pantauan Suara Merdeka di lokasi, Senin (5/12/2022), sebagian atap selter telah menyentuh permukaan situs batu bata tersebut. Ada celah-celah sehingga situs tidak tertutupi sepenuhnya. Sebidang terpal yang dikaitkan dengan tali menutupi celah ini. Semua penyangga selter yang berbahan baja ringan juga bengkok.

Berdasarkan berita acara dari Balai Konservasi Borobudur, selter roboh pada 26 Oktober silam. Penyebabnya karena pohon kelapa pada sisi selatan situs tumbang akibat angin ribut disertai hujan pada pukul 06.00.

"Perkiraan tinggi pohon 12-15 meter," kata Koordinator Perlindungan Balai Konservasi Borobudur Muhammad Taufik, Senin.

Baca Juga: BKB Kembali Temukan Arca di Situs Samberan

"Batu bata (di Situs Brongsongan) nggak ada yang kena (dampak selter roboh). Sampai sekarang masih aman," lanjutnya.

Guna mencegah kejadian berulang, mengingat sekitar Situs Brongsongan banyak terdapat pohon macam kelapa, durian, mahoni, dia menambahkan pihaknya akan segera memotong pohon yang rawan tumbang.

Selter yang menaungi Situs Brongsongan roboh karena tertimpa pohon kelapa, Senin (5/12/2022). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)

Dilansir dari laman BKB, Situs Brongsongan telah ditetapkan sebagai cagar budaya pada 2014. Situs ini diperkirakan berasal dari kerajaan Mataram Kuna pada abad ke-7 sampai ke-10 Masehi.

Baca Juga: Tampilan Utuh Candi Bata di Situs Samberan

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X