Danone Indonesia Raih Anugerah Terbanyak dalam Penghargaan Industri Hijau Kemenperin RI

- Senin, 5 Desember 2022 | 10:09 WIB
Danone Indonesia Raih Anugerah Terbanyak dalam Penghargaan Industri Hijau Kemenperin RI (SM/Dok)
Danone Indonesia Raih Anugerah Terbanyak dalam Penghargaan Industri Hijau Kemenperin RI (SM/Dok)


WONOSOBO, suaramerdeka-kedu.com - Danone Indonesia memperoleh terbanyak dalam Ajang Penghargaan Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Sebanyak 19 pabrik Danone Indonesia di berbagai wilayah, termasuk Wonosobo, mendapatkan penghargaan tersebut. Danone Indonesia berhasil menerapkan konsep ekonomi hijau.

Sejumlah 19 pabrik Danone Indonesia yang mendapat predikat kategori Kinerja Terbaok 2022 Sertifikasi Industri Hijau dan Penghargaan Industri Hijau dari Kemenperin RI di antaranya adalah Pabrik Sari Husada Generasi Mahardhika (SGM), Pabrik Aqua Mekarsari, Pabrik Aqua Ciherang, Pabrik Aqua Mambal, Pabrik AQUA Klaten, Pabrik Aqua Bekasi, Pabrik Aqua Citeureup. Selain itu juga Pabrik Aqua Brastagi, Pabrik Aqua Tanggamus, Pabrik Aqua Langkat, Pabrik Aqua Cianjur, Pabrik Aqua Sabang, Pabrik Aqua Wonosobo, Pabrik Aqua Keboncandi, Pabrik Aqua Babakan Pari, Pabrik Aqua Sentul, Pabrik Aqua Airmadidi dan Pabrik Aqua Solok.

Vice President General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto menjelaskan, tahun ini pihaknya berhasil mendapatkan Penghargaan Industri Hijau terbanyak. Hal ini membuktikan bagaimana pelaku industri mengembangkan ekonomi hijau dan berkelanjutan dan memiliki kepedulian terhadap pelestarian lingkungan.

"Kegiatan operasional seluruh pabrik Danone Indonesia selalu mengedepankan prinsip industri hijau, yaitu melalui efiensiensi produksi dan peningkatan efektivitas serta penggunaan sumber daya alam secara bijak. Hal itu didasarkan pada visi yang diemban Danone Indonesia - One Planet One Health, melalui pemahaman bahwa kesehatan masyarakat dan kesehatan bumi memiliki hubungan yang sangat erat agar bumi sehat dan lestari," kata Vera dalam keterangan persnya, Rabu (30/11).

Resources, Nature and Process Technology Director Danon Aqua Muhammad Azwar mengatakan, prinsip industri hijau sudah melekat dalam setiap kegiatan operasional. Danone Indonesia, lanjut Azwar, menerapkan bisnis sirkular, yang meliputi sirkular air, sirkular karbon dan sirkular kemasan.

"Implementasi sikular air adalah melalui pengelolaan dan konservasi sumber daya air secara terpadu. Sirkular karbon dicapai melalui pengurangan emisi karbon yang diwujudkan dengan pemanfaatan pembangkit listrik tenaga surya, untuk kegiatan operasional dan efisiensi dan energi lain. Sedangkan sirkular kemasan dijalankan melalui penggunaan kemasan ramah lingkungan dan pengelolaan sampah plastik secara terintegerasi," kata dia.

Baca Juga: Grebeg Gunungan Tutup Ketep Summit Fest 2022

Hal senada juga dikatakan oleh Operation Director Danone Specialized Nutrition Indonesia, Shahrul Nizam menyatakan, penghargaan ini akan memperkuat tim operasional Sarihusada, untuk terus berupaya menghadirkan produk berkualitas tiggi. "Tentu melalui pemanfaatan SDA secara bijak, kegiatan operasional yang rendah karbon, sambil terus menjalankan program-program pelestarian lingkungan secara berkelanjutan," tukasnya.

Menperin RI Gumiwang Kartasasmita dalam sambutannya yang disampaikan oleh StafAhli Menteri Bidang Iklim Usaha Investasi Andi Rizal, mengatakan, ekonomi hijau merupakan sistem ekonomi yang berupaya meningkatkan kesejahteraan manusia, kesetaraan sosial, sekaligus secara signifikan mengurangi risiko lingkungan dan kelangkaan ekologis, rendah, karbon, efisiensi sumber daya serta inklusif secara sosial. "Penganugerahan Penghargaan Industri Hijau ini merupakan upaya mendorong sektor industri utuk mewujudkan ekonomi hijau dan pembangunan rendah karbon," ucap Andi Rizal.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X