Grebeg Gunungan Tutup Ketep Summit Fest 2022

- Minggu, 4 Desember 2022 | 20:00 WIB
Grebeg gunungan di Ketep Pass, Minggu (4/12/2022). Acara ini penutup Ketep Summit Fest 2022. (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)
Grebeg gunungan di Ketep Pass, Minggu (4/12/2022). Acara ini penutup Ketep Summit Fest 2022. (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)

Puluhan gunungan aneka rupa terhampar di area parkiran Ketep Pass, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Minggu (4/12/2022). Dari gunungan berbahan buah, sayur-mayur hingga grubi—penganan yang terbuat dari ubi jalar yang dibentuk macam bola yang digoreng dan dibumbui dengan gula jawa merah.

Masyarakat, tak pelak, tak sabar untuk grebeg gunungan sekalipun hujan mengguyur objek wisata itu. Mereka seolah telah membidik gunungan dengan berdiri di sekelilingnya, kendati panitia belum memberikan izin. Maklum, dewan juri belum beres memberikan penilaian. Segelintir orang bahkan sudah mengambil gunungan sebelum diperbolehkan.

Begitu hitungan 1,2,3 selesai diucapak pembawa acara, perlahan bahan gunungan ludes dari tempatnya. Salah satunya, Rohani (56) warga Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, yang mendapatkan kacang panjang, terong, pisang, grubi.

“Saya tidak tahu ada festival gunungan, kebetulan saja sedang piknik di Ketep,” tuturnya yang piknik bersama 16 tetangganya, Minggu.

Festival gunungan ialah penutup acara Ketep Summit Fest sejak Jumat hingga Minggu (2-4/12/2022). Festival melibatkan kontingen asal 21 kecamatan di Kabupaten Magelang.

Adapun juara I diraih Kecamatan Pakis, juara II Kecamatan Windusari, dan juara III Kecamatan Dukun. Juara harapan I, II, dan III berturut-turut diraih Kecamatan Salam, Srumbung, dan Salaman.

Symphony Rindu

Direktur Ketep Pass Mul Budi Santoso menuturkan, Ketep Summit Fest kali ini mengambil tema Symphony Rindu. Tema yang memiliki makna kerinduan akan berekspresi dan berkarya usai kita dipaksa berdiam di rumah akibat pandemi.

"Ketep Summit Fest menjadi etalase produk-produk kreatif, baik produk UMKM [usaha mikro, kecil, dan menengah] maupun keseniannya," terangnya.

Acara tahunan yang dihelat sejak 2017 ini tak semata untuk mempromosikan Ketep Pass, tetapi juga mengenalkan objek wisata lain di wilayah Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang dan sekitarnya.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X