Kembali Digelar Pada 2022, Event Moro Borobudur Berdampak Positif Bagi Pariwisata dan UMKM

- Jumat, 2 Desember 2022 | 09:56 WIB
Pemukulan gong pada pembukaan Moro Borobudur (SM/Dok)
Pemukulan gong pada pembukaan Moro Borobudur (SM/Dok)

MAGELANG, suaramerdeka-kedu.com - Efek dari dua kali pelaksanaan Event Tahunan Moro Borobudur di tahun 2020 dan 2021 sudah mulai banyak dirasakan oleh para pelaku pariwisata, UMKM dan beberapa sektor usaha.

Sektor-sektor tersebut terdampak postif dan mulai menggeliat kembali berkat peran penggiat pariwisata, pekerja seni, dan UMKM di area Borobudur.

Beberapa Event Besar mulai sering dilaksanakan di area Borobudur. Salah satunya di bulan November kemarin ada Borobudur Run yang melibatkan banyak sektor pariwisata, sehingga memberikan suntikan semangat bagi para pekerja kreatif di area Borobudur.

"Oleh Karena itu kami membuat kembali acara untuk UMKM serta pekerja kreatif seperti para seniman di area Borobudur yang dilaksanakan di Balkondes (Balai Ekonomi Desa) PLN di Desa Ngadihardjo, Magelang," kata Dyah Listyorini selaku Marketing Communication event ini.

Konsep acara, lanjutnya, adalah festival yang diikuti oleh UMKM expo sekaligus ajang industri kreatif dan seniman musik etnik dan Kontemporer dalam menyajikan karya terbaiknya.

Hal penting lainnya adalah Moro Borobudur diselenggarakan dengan protokol kesehatan sesuai dengan peraturan Kementerian Kesehatan.

Acara yang di gelar di hari Rabu tanggal 30 November 2022 ini mulai dibuka dengan menampilkan tarian tradisional Kubro Siswo kemudian Tari Jatilan, Tari Soreng, Tari Topeng, Tari Ndolalak dan kemudian di tutup dengan tarian legenda yang sering di tampilkan pada saat penyambutan tamu yaitu Sendratari Putri Manohara.

"Dilanjutkan dengan penampilan dari Band Perkusi yang namanya sudah mendunia yaitu “Plenthe Percussion” dan sebagai puncak acara akan menghadirkan Grup Band
yang saat ini sedang hits di kalangan anak muda yaitu “Guyon Waton” yang membawakan lagu lagu bergenre Jawa etnik Kontemporernya sekaligus sebagai Band yang menjadi penutup acara Moro Borobudur 2022," jelasnya.

Baca Juga: SMA N 3 Magelang Kini Miliki Layanan Digitalisasi

Selain talent panggung yang mengguncang area Borobudur Magelang dan sekitarnya, Moro Borobudur juga menggelar pameran UMKM dengan produk unggulannya sehingga menambah semarak, ramai dan serunya acara Moro Borobudur kali ini.

"Open gate kita buka mulai pukul 15:00 WIB dan berakhir pada pukul 20:00 WIB dengan kapasitas penjualan tiket hingga mencapai 1000 tiket atau untuk 1000 orang. Pembelian tiket di tutup di tanggal 30 November 2022 pukul 12:00 WIB," paparnya.

Melalui acara Moro Borobudur ini, tambahnya, akan menjadi awal bangkitnya perekonomian di Magelang dan Area Borobudur pada khususnya serta dapat menjadi acara tahunan dengan konsep dan acara yang lebih menarik lagi.

"Dengan harapan COVID-19 segera berakhir seratus persen dan sector perekonomian dapat pulih kembali," pungkasnya.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X