SMA N 3 Magelang Kini Miliki Layanan Digitalisasi

- Kamis, 1 Desember 2022 | 19:30 WIB
Guru TIK SMA Negeri 3 Magelang Wahyu Saputro mengoperasikan layanan digitalisasi sekolah. (Suara Merdeka/Mindeka Aljabbar)
Guru TIK SMA Negeri 3 Magelang Wahyu Saputro mengoperasikan layanan digitalisasi sekolah. (Suara Merdeka/Mindeka Aljabbar)

MAGELANG, SUARA MERDEKA – SMA Negeri 3 Magelang kini memiliki layanan digitalisasi. Aplikasinya saat ini masih dalam tahap uji coba hingga Desember, dan akan efektif digunakan pada Januari 2023.

"Ada beberapa menu yang tersedia, namun yang sudah mulai berjalan itu presensi online dan ujian online," ujar Wahyu Saputro, guru mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Kamis (1/12/2022).

Presensi dilakukan menggunakan gawai android dengan sistem global positioning system (GPS) yang hanya bisa diakses di area sekolah. Wahyu bilang pembatasan sengaja diterapkan demi menghindari kecurangan siswa yang bolos.

Baca Juga: Kembangkan Urban Farming, Pemkot Magelang Kucurkan DID

"Orang tua juga bisa memantau anaknya masuk jam berapa, serta memudahkan guru dalam merekap administrasi yang membutuhkan presensi," terangnya.

Untuk ujian, situs web terintegrasi dengan aplikasi android yang dapat mencegah siswa untuk mencontek.

"Kendala sejauh ini perangkat yang digunakan siswa tidak semua mendukung (penggunaan aplikasi) atau bahkan tidak memiliki handphone. Sehingga, solusi sekolah memberikan satu handphone kepada setiap kelas untuk keperluan absensi," pungkas Wahyu.

Baca Juga: Bulan Dana PMI Tahun 2022 Lampaui Target Capai Rp1,4 M 

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X