Pemuda Didorong Jadi Daya Dukung Penanganan Bencana, Ikuti Pelatihan Tanggap Bencana

- Kamis, 1 Desember 2022 | 08:11 WIB
Suasana pelatihan tanggap bencana yang digelar Baznas Kabupaten Purworejo, di gedung PGRI Purworejo (SM/Hafidz Kurnia)
Suasana pelatihan tanggap bencana yang digelar Baznas Kabupaten Purworejo, di gedung PGRI Purworejo (SM/Hafidz Kurnia)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Purworejo menggelar pelatihan tanggap bencana, di gedung PGRI Purworejo.

Kegiatan yang digelar selama dua hari yakni Senin (28/11) dan Selasa (29/11) tersebut melibatkan puluhan kalangan pemuda di Kabupaten Purworejo.

Pelatihan ini dilaksanakan untuk mendorong para pemuda agar bisa turut menjadi relawan yang mendukung penanganan dan penanggulangan bencana di Purworejo.

Ketua Baznas Kabupaten Purworejo, Hamid AK mengemukakan, pelatihan tanggap bencana ini digelar sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana di Kabupaten Purworejo.

Terlebih, wilayah Kabupaten Purworejo termasuk memiliki risiko bencana yang tinggi di Jawa Tengah.

"Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 30 orang pemuda di Purworejo. Mereka ini nantinya akan kita kawal sebagai relawan kebencanaan. Jika sewaktu-waktu terjadi bencana, mereka kita sudah punya tim untuk membantu penanganan bencana," terangnya.

Kegiatan tersebut melibatkan pemateri sebagai instruktur dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan PMI Kabupaten Purworejo.

Sejumlah materi yang disampaikan kepada para peserta antara lain, pengenalan e siska (aplikasi kebencanaan), metode pemadaman api ringan, dasar pertolongan pertama, assesmen korban, pendaharan dan syok (pembalutan luka), cidera jaringan lunak, evakuasi, triage dan simulasi penanganan bencana.

Baca Juga: Rp 58 miliar Kembali Digelontorkan Untuk Ganti Rugi Wadas

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X