'Symphony Rindu' ala Ketep Summit Fest Digelar Besok

- Kamis, 1 Desember 2022 | 09:00 WIB
Poster Ketep Summit Fest 2022. (Dokumentasi Ketep Pass)
Poster Ketep Summit Fest 2022. (Dokumentasi Ketep Pass)

Dua tahun absen akibat tingginya jumlah kasus Covid-19, Ketep Summit Fest dihelat kembali pada Jumat hingga Minggu (2-4/12/2022). Ragam pertunjukan kesenian bakal tersaji, sembari menikmati pemandangan Gunung Merapi dari Ketep Pass.

Selama tiga hari, pentas tari, musik, hingga tradisi digelar di objek wisata yang berada pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut itu.

Jumat (2/12), misalnya, ada sendratari bertitel Candramuka Kajarwa dari Sanggar Kinnara Kinnari Borobudur. Pentas tari yang menceritakan ihwal kehidupan masyarakat di lereng Gunung Merbabu. Hari ditutup dengan penampilan topeng ireng dari grup kenamaan Sekar Rimba Indonesia.

Sabtu (3/12) band lokal macam Ketep, Langit Kaca, dan Flowdy Fine akan menghibur dengan tembang-tembang. Guyon Waton menjadi penutup malam minggu dengan lagu bikin ati ambyar gubahan band asal Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta itu.

Kirab gunungan dari 21 kecamatan se-Kabupaten Magelang jadi acara pamungkas Ketep Summit Fest, Minggu (4/12). Sedikitnya 50 orang dari tiap kontingen berpartisipasi untuk menampilkan gunungan secara kreatif.

Direktur Ketep Pass Mul Budi Santoso menuturkan, Ketep Summit Fest kali ini mengambil tema Symphony Rindu. Tema yang memiliki makna kerinduan akan berekspresi dan berkarya usai kita dipaksa berdiam di rumah akibat pandemi.

"Ketep Summit Fest menjadi etalase produk-produk kreatif, baik produk UMKM [usaha mikro, kecil, dan menengah] maupun keseniannya," terangnya dalam konferensi pers di Ketep Pass, Rabu (30/11/2022).

Bodrek, sapaan akrabnya, menargetkan sebanyak 15.000 orang datang selama penyelenggaraan Ketep Summit Fest.

Acara tahunan yang dihelat sejak 2017 ini tak semata untuk mempromosikan Ketep Pass, tetapi juga mengenalkan objek wisata lain di wilayah Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang dan sekitarnya. Ada agrowisata petik buah stroberi di Desa Banyuroto; Gunung Gupak dengan suguhan pemandangan tujuh gunung (Desa Wulunggunung); dan Bukit Grenden di kaki Gunung Merbabu (Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang).

"Tahun depan Ketep Summit Fest tidak hanya di Ketep Pass, tetapi akan dibagi sekitar kawasan. Jadi, semangatnya kawasan Ketep Passs," tandas Bodrek.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X