KPU Temanggung Tetapkan 6 Dapil Pemilu 2024 Mendatang

- Senin, 28 November 2022 | 18:40 WIB
Sosialisasi dan Penyampaian Hasil usulan rancangan penyusunan daerah pemilihan Pemilu Tahun 2024 Kabupaten Temanggung di Jambu Klutuk Resto (SM/Riki Diswantoro)
Sosialisasi dan Penyampaian Hasil usulan rancangan penyusunan daerah pemilihan Pemilu Tahun 2024 Kabupaten Temanggung di Jambu Klutuk Resto (SM/Riki Diswantoro)

TEMANGGUNG - KPU Kabupaten Temanggung mensosialisasikan dan menyampaikan usulan rancangan Penyusunan Daerah Pemilihan Pemilu Tahun 2024. Ketua KPU Temanggung Muhammad Yusuf Hasyim mengatakan penetapan Dapil pemilu 2024 di Kabupaten Temanggung ditetapkan sesuai UU No 7 tahun 2007.


"Penataan Dapil sudah sesuai amanah UU No. 7 Tahun 2017 dan sudah menerapkan 7 prinsip yaitu Kesetaraan Nilai, Proposionalitas, Ketaatan Pada Sistem Pemilu Yang Proporsional, Integralitas Wilayah, Berada Pada Cakupan Wilayah Yang Sama, Kohesivitas, dan Kesinambungan," jelas Ketua KPU Temanggung saat sosialisasi dan penyampaian penetapan dapil, Senin, (28/11).


Dikatakan, pada pemilu 2019 sudah telah terbentuk dapil maka jumlah dapil pemilu tahun 2024 masih sama pada pemilu sebelumnya. "Jadi kami menerapkan asas kesinambungan pada pemilu tahun 2019 jadi kita melanjutkan, namun bukan serta merta sama copy paste, ini karena tidak melanggar 6 prinsip yang lain," tuturnya.
Secara jumlah penduduk di Kabupaten Temanggung tidak merubah perolehan jumlah kursi di DPRD pada pemilu 2024 mendatang, dimana jumlah penduduk 500 ribu hingga 1 juta, alokasi kursi 45. "Dari data BPPd jumlah penduduk Temanggung sebanyak 801.267 sehingga jumlah alokasi kursi sebanyak 45," ujar Yusuf.


Sehingga KPU Temanggung menetapkan 6 Dapil, yaitu Dapil 1: Tembarak, Temanggung, Tlogomulyo, Selopampang sebanyak 9 kursi, Dapil 2: Bulu, Parakan, Bansari, Kledung sebanyak 9 kursi, Dapil 3: Tretep, Candiroto, Bejen, Wonoboyo sebanyak 6 kursi, Dapil 4: Ngadirejo, Jumo, Gemawang sebanyak 7 kursi, Dapil 5: Kandangan, Kedu sebanyak 6 kursi dan Dapil 6: Pringsurat, Kaloran, Kranggan sebanyak 8 kursi.


"Sama dengan 2019 Dapil dan alokasi kursi DPRD Temanggung namun bukan semata-mata sama tapi sudah sesuai 7 prinsip, kami telaah dan analisa penetapan sama dengan pemilu 2019, perlu kita sampaikan ke masyarakat karena instrumen terpenting dalam proses demokrasi salah satunya adalah penetapan daerah pemilihan, agar presensi dapil bisa mewakili suara di DPRD nanti." Pungkasnya.


Sementara Anggota KPU Temanggung Khadhiq Widianto mengatakan, KPU Temanggung menetapkan Dapil Pemilu 2024 sudah sesuai dengan UU, Prinsip, Jumlah penduduk. "Proses penentuan Dapil KPU Temanggung sudah dikaji dari 7 prinsip namun masyarakat bisa memberikan masukan ataupun tanggapan secara tertulis kepada KPU Kabupaten Temanggung dan dilengkapi surat pengantar resmi dan melalui internet dengan alamat website https://helpdesk.kpu.go.id/tanggapan, apabila ada masukan," katanya.


Sementara pengurus Muhammadiyah Temanggung Tofan mengatakan, dari pengalaman pemilu sebelumnya penetapan dapil sudah didahului partai politik. "Jadi yang maju itu-itu saja saya berharap bukan itu itu saja partai perlu merefresh supaya dapil merepresentasikan dari wilayahnya," tuturnya.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X