Kota Magelang Raih 6 STBM Award dari Kemenkes

- Sabtu, 26 November 2022 | 10:15 WIB
Wakil Wali Kota Magelang M Mansyur (tiga dari kanan) menerima penghargaan STBM Award di Jakarta, Rabu (23/11/2022). (Dokumentasi Prokompim Kota Magelang)
Wakil Wali Kota Magelang M Mansyur (tiga dari kanan) menerima penghargaan STBM Award di Jakarta, Rabu (23/11/2022). (Dokumentasi Prokompim Kota Magelang)

MAGELANG, SUARA MERDEKA – Kota Magelang meraih enam penghargaan pada ajang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award yang diadakan Kementerian Kesehatan.

Penghargaan STBM diterima Wakil Wali Kota Magelang M Mansyur di Jakarta, Rabu (23/11) lalu, dilansir dari laman Pemkot Magelang, Sabtu (26/11/2022). Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang dr Istikomah.

Enam penghargaan itu meliputi Kota Open Defecation Free (ODF); Kota dengan Penerapan 5 Pilar STBM; Kota Terbaik Percepatan Stop BABS Kategori Supply Creation ditambah penghargaan kepada Natural Leader, Sanitarian dan Lurah Terbaik untuk percepatan ODF tahun 2022.

Baca Juga: Linda Timorita, Juragan Buket yang Jadi Wisudawan Terbaik Untidar

Istikomah menuturkan penghargaan STBM mampu diraih berkat kolaborasi lintas sektor yang mendukung lima pila STBM, yakni Dinkes, Bappeda, DPUPR, Disperkim, DLH, camat, lurah, Forum Tembang Tidar, dan lainnya.

Adapun lima pilar STBM yaitu Stop BABS (Buang Air Besar Sembarangan), CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun), PAM-RT (Pengelolaan Air Minum Rumah Tangga), Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, dan Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga.

"Selain kita fokus di pilar 1 yakni ODF, kita juga berkomitmen dalam implementasi 4 pilar lainnya. Ini butuh dukungan lintas sektor. Harapannya tahun depan kita bisa mendapat STBM Award Berkelanjutan," terangnya.

Baca Juga: Pemkab Magelang Beri Penemu Lingga-Yoni Uang Kompensasi

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X