Linda Timorita, Juragan Buket yang Jadi Wisudawan Terbaik Untidar

- Sabtu, 26 November 2022 | 09:30 WIB
Linda Timorita Hamzah, mahasiswi S1 Pendidikan Biologi Untidar yang juga memiliki usaha buket. (Istimewa)
Linda Timorita Hamzah, mahasiswi S1 Pendidikan Biologi Untidar yang juga memiliki usaha buket. (Istimewa)

Linda Timorita Hamzah dua kali ingin berhenti kuliah di Universitas Tidar. Dia tertarik pada sekolah kedinasan karena jaminan langsung kerja usai lulus kuliah. Dua kali seleksi ia lakoni, hasilnya tidak lolos.

"Setelah mengetahui lolos SNMPTN di Untidar, saya masih berharap bisa lolos ke STAN [Sekolah Tinggi Akuntansi Negara]. Namun, tidak lolos seleksi. Sempat mau gap year dan mengejar ke STAN di tahun berikutnya, namun tidak diizinkan bapak, dan tidak lolos seleksi untuk kedua kalinya," tuturnya.

"Memang, takdir saya sepertinya harus di Pendidikan Biologi Untidar," ucapnya.

Mahasiswi S1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan itu pun menjadi wisudawan terbaik pada wisuda pascasarjana, sarjana, dan ahli madya Untidar ke-62. Linda lulus dengan IPK 3,93 yang diraih selama 3 tahun 9 bulan.

Menjadi perantauan asal Cilacap, Jawa Tengah, Linda mengaku cocok dengan lingkungan kampusnya, tak terkecuali dengan Magelang.

"Biaya hidupnya murah, lingkungan nyaman, dan teman-teman yang ramah membuat saya kerasan. Dosen-dosennya juga sangat mengayomi, terlebih angkatan saya adalah angkatan pertama," ungkap perempuan berusia 22 tahun itu.

Terutama kepada koordinator program studi Pendidikan Biologi, Setiyo Prajoko, dia menekankan. Berkat Setiyo, dia bilang bisa menjadi penerima dana Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI), dan Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM).

Usaha Buket

Linda sejak semester V memutuskan untuk mencari uang tambahan, selain telah mendapatkan beasiswa bidik misi. Terlebih, bapaknya yang petani masih membiayai dua adik Linda yang masih sekolah. Dia lantas berwirausaha.

Pilihannya diambil usai dia mendapat bantuan dana PMW dengan produk kaos dan tote bag. "Produk ini kurang dibutuhkan sama mahasiswa dan harganya lumayan mahal, jadi usaha tidak bisa berkembang. Lalu, muncul ide untuk membuat usaha buket," jelasnya.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X