Merawat Kebhinekaan di Desa Buntu Kecamatan Kejajar Wonosobo

- Sabtu, 26 November 2022 | 07:10 WIB
VIHARA - Vihara Vajra Bumi Mandala Putra yang berada di tengah pemukiman Desa Buntu, Kecamatan Kejajar, Wonosobo.
VIHARA - Vihara Vajra Bumi Mandala Putra yang berada di tengah pemukiman Desa Buntu, Kecamatan Kejajar, Wonosobo.

WONOSOBO, suaramerdeka-kedu.com - Desa Buntu, Kecamatan Kejajar dikenal dengan sebutan laboraturium kebhinekaan. Masyarakat desa tersebut memiliki toleransi dan saling menghormati antar pemeluk agama.

Desa Buntu memiliki masyarakat dengan empat agama berbeda. Desa tersebut memiliki 903 KK, yang masing-masing memeluk empat agama berbeda.

Sebanyak 25 KK memeluk Budha, 60 KK pemeluk Katolik, 8 KK Kristen Protestan dan sisanya sejumlah 810 KK yang beragama Islam.

Baca Juga: Pengurus Pepadi Wonosobo Periode 2022 - 2027 Resmi Dilantik

Kepala Desa Buntu Suwoto menjelaskan, di desanya tak hanya memiliki masjid dan mushola saja. Melainkan juga vihara dan gereja yang letaknya hanya berjarak sekitar 70 meter saja terpusat di RT 4 RW 2.

“Islam di sini ada yang Muhammadiyah dan NU, pun demikian dengan masjidnya sendiri-sendiri. Meskipun berbeda, namun masyarakat di desanya hidup dalam keadaan rukun,” terang Suwoto yang ditemui di Kantor Desa Buntu, Jumat (25/11/2022).

Dikatakan Suwoto, warga selalu bahu membahu di kala merayakan hari raya tertentu. Misalnya saja pada saat natal, di mana para kaum ibu membantu memasak di gereja dan bahkan peribadatan pun dijaga oleh petugas Banser dan Kokam.

Baca Juga: Penguatan Moderasi Beragama Diharapkan Bisa Menanamkan Sikap Toleransi

“Sebaliknya kalau pas umat Islam melaksanakan ibadah tarawih, warga non islam menjaga pintu masuk desa dengan memasang portal. Sebelum salat tarawih selesai, tidak ada kendaraan yang boleh melintas, sehingga ibadah kami khusyuk,” imbuh Suwoto.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Terkini

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X