Pengurus Pepadi Wonosobo Periode 2022 - 2027 Resmi Dilantik

- Jumat, 25 November 2022 | 19:06 WIB


WONOSOBO, suaramerdeka-kedu.com - Pengurus Persatuan Penalangan Indonesia (Pepadi) Wonosobo periode 2022 - 2027 resmi dilantik. Bambang Trie terpilih sebagai Ketua Pepadi Wonosobo yang hampir enam tahun mati suri. Pepadi Wonsobo akan kembali dihidupkan dengan banyak agenda untuk mengembalikan lagi seni pedalangan.

Pepadi Wonosobo hampir enam tahun mengalami 'mati suri' karena tak ada kegiatan sama sekali. Hal ini disebabkan tidak adanya anggaran yang terkucur dari pemerintah untuk membiayai kegiatan seni pewayangan, ditambah lagi adanya pandemi covid 19.

Bersamaan dengan acara Muhibah Budaya kerjasama Pemkab Wonosobo dan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta bertempat di Gedung Sasana Adipura beberapa waktu lalu, Ketua Pepadi Pusat Widodo Broto Sejati melantik Bambang Trie sebagai Ketua Pepadi Periode 2022-2027. Bambang terpilih pada acara Musyawarah Daerah yang dilaksanakan pada Minggu (20/11) bertempat di aula Disparbud.

Baca Juga: Penguatan Moderasi Beragama Diharapkan Bisa Menanamkan Sikap Toleransi

"Selamat kepada para pengurus yang telah dilantik untuk periode 2022 hingga 2027. Kami berpesan agar pengurus baru bisa lebih eksis dan bersemangat dalam membawa organisasi Pepadi agar tambah hebat," kata Widodo.

Sementara itu Ketua Pepadi Wonosobo Bambang Trie berkomitmen untuk mengembalikan roh seni pedalangan yan sudah lama tak tersentuh. Dia bersama anggotanya akan kembali menggiatkan pementasan wayang kulit setiap bulan sebagai pembinaan dan pembelajaran personel Pepadi.

Baca Juga: Jelajah UMKM Dorong Perekonomian Daerah Lebih Berkembang

"Di samping itu juga sebagai sarana edukasi terhadap generasi muda. Seperti diketahui saat ini budaya Jawa sudah mulai tergerus  dan tersisih oleh dunia maya. Harapan kami kebudayaan Jawa terutama seni pewayangan tetap eksis dan tidak punah," tutup Bambang yang juga menjabat sebagai Kalakhar BPBD Wonosobo. (ang)

 
 

Editor: M. Nur Chakim

Terkini

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X