Penguatan Moderasi Beragama Diharapkan Bisa Menanamkan Sikap Toleransi

- Jumat, 25 November 2022 | 11:08 WIB

WONOSOBO, suaramerdeka-kedu.com - Pelajar perlu diberi pendidikan mengenai moderasi beragama. Hal ini untuk menanamkan nilai toleransi dan saling menghormati antar agama, juga menangkal radikalisme.

Komunitas Towel menginisiasi penguatan aksi moderasi beragama untuk sekolah SMP dan SMA di Wonosobo.

Ketua Panitia Penguatan Aksi Moderasi Beragama di Sekolah, Qori Rianditata menjelaskan, Komunitas Together We Life (Towel) menginisiasi penguatan aksi moderasi beragama pada lingkungan sekolah SMP dan SMA.

Baca Juga: Jelajah UMKM Dorong Perekonomian Daerah Lebih Berkembang

Pada tahap awal, sosialisasi dilakukan untuk para guru SMP dan SMA se Kabupaten Wonosobo, berikutnya akan dilaksanakan langsung pada para anggota OSIS tiap sekolah.

 "Diharapkan nanti teman-teman pelajar bisa mempraktekkan moderasi beragama, sehingga tidak muncul lagi adanya intoleransi atau pembulian. Setelah guru, lusa kami akan lakukan sosialisasi pada anggota OSIS mengenai penguatan moderasi beragama, kami akan go to school agar lebih dekat dan mendalam," papar Qori pada saat acara Penguatan Moderasi Beragama, di Pendopo Bupati, Rabu (23/11).

Pada saat yang sama, Direktur Pendidikan Agama Islam Amrullah menyebut moderasi beragama menjadi salah satu program prioritas Kemenag. Dijelaskan Amrullah, penguatan moderasi beragama di kalangan pelajar penting agar menumbuhkan sikap bagaimana bisa saling menghormati dan menghargai agama lain.

Baca Juga: Seorang Gadis Ditipu Oleh Kenalan Barunya di Medsos

"Sehingga tak ada klaim sepihak bahwa agama kita yang benar, tapi saling menghormati. Termasuk juga mencegah konflik agama dan paham radikalisme. Itu isu yang akan kami bentengi agar semua terhindar dari intoleransi, penguatan moderasi ini merupakan salah satu caranya," kata Amrullah.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Terkini

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X