PGRI Kabupaten Magelang Gelar Talkshow Pemulihan Pendidikan Pascapandemi

- Kamis, 24 November 2022 | 19:18 WIB
Tangkapan layar gelar wicara yang digelar PGRI Kabupaten Magelang, Kamis (24/11/2022). (Youtube PGRI Magelang)
Tangkapan layar gelar wicara yang digelar PGRI Kabupaten Magelang, Kamis (24/11/2022). (Youtube PGRI Magelang)

Memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional, Persatuan Guru Republik Indonesia Kabupaten Magelang menggelar gelar wicara di pendopo drh. Soepardi, kompleks Setda Kabupaten Magelang, Kamis (24/11/2022).

Gelar wicara tersebut bertajuk Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Membangkitkan Guru dan Memulihkan Pendidikan Pasca Pandemi Covid-19.

Ketua PGRI Kabupaten Magelang, Susno menuturkan, pandemi Covid-19 tak pelak berdampak pada perubahan pola pembelajaran. Dari metode tatap muka (luar jaringan) berganti dengan menggunakan perantara gawai yang memanfaatkan internet (dalam jaringan).

"Melakukan perubahan dari luring ke daring kadangkala belum bisa dilakukan. Ada kendala, misalnya internet trouble, perangkatnya belum ada," ujarnya.

Kemudian, seiring pembelajaran secara luring sudah diizinkan kembali, Susno mengatakan ancaman learning loss (kehilangan pembelajaran) kepada pelajar berpeluang terjadi.

Sebab itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah VIII Jawa Tengah, Nikmah Nurbaity menyebutkan, ada empat strategi yang bisa dilakukan lembaga pendidikan untuk memulihkan kondisi pendidikan dari learning loss.

"Satu, adaptasi dan transformasi. Dua, good governance. Tiga, koordinasi dan kolaborasi dengan stakeholder lain. Terakhir, pemberdayaan apa yang dimiliki," terangnya.

Nikmah menambahkan pendidikan di Indonesia setidaknya memprioritaskan empat hal. Pertama, hasil belajar agar pelajar memiliki kompetensi dan daya saing. Kemudian, kompetensi guru dan tenaga kependidikannya; ekosistem pendidikan yang terdiri atas tenaga kependidikan, orang tua, pemerintah, dan masyarakat; dan literasi teknologi di dalam pendidikan.

Sebagai informasi, gelar wicara yang digelar PGRI Kabupaten Magelang merupakan acara penutup peringatan HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional. Sebelumnya, sudah diadakan pemasangan bendera dan spanduk dengan tema peringatan HUT, bakti sosial untuk guru, dan lomba di bidang teknologi informasi, akademik, olahraga, dan seni antarguru.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

KPU Temanggung Tetapkan 6 Dapil Pemilu 2024 Mendatang

Senin, 28 November 2022 | 18:40 WIB

3 Anggota Keluarga Tewas di Magelang, Dugaan Diracun

Senin, 28 November 2022 | 15:39 WIB

Kota Magelang Raih 6 STBM Award dari Kemenkes

Sabtu, 26 November 2022 | 10:15 WIB

Pelajar Gelar Doa Bersama, Untuk Korban Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 10:14 WIB

1.300 Petani Tolak Kenaikan Cukai

Sabtu, 26 November 2022 | 10:02 WIB
X