Dua Rumah di Singkir Jaraksari Dilanda Kebakaran

- Senin, 21 November 2022 | 09:09 WIB

WONOSOBO, suaramerdeka-kedu.com - Dua rumah di RT 2 RW 12 Singkir, Jaraksari mengalami kebakaran. Penyebab kebakaran diduga akibat hubungan arus pendek listrik. Kesiap siagaan masyarakat sekitar sangat penting pada saat terjadi bencana.

Kalak BPBD Wonosobo Bambang Tri menjelaskan, musibah kebakaran terjadi di RT 2 RW 12 Singkir pada Sabtu (19/11) sekitar pukul 18.15 malam dan menimpa dua rumah sekaligus. Pihaknya mengerahkan dua unit pemadam kebakaran dan dua unit pemasok air untuk upaya menjinakkan api.

"Kami juga dibantu tim relawan BPBD, warga sekitar, TNI dan Polri, api berhasil dipadamkan dalam waktu satu jam. Penyebab terjadi kebakaran diduga karena hubungan arus pendek listrik, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan kerugian ditaksir Rp150 juta," kata Bambang kepada Suara Merdeka, Minggu (20/11).

Baca Juga: Piala Dunia 2022, INNSiDE Yogyakarta Buat Program Nobar

Dikatakan Bambang, beberapa bantuan diserahkan kepada korban dari beberapa OPD terkait. Di antaranya BPBD berupa material, PMI membantu pangan, Dinsos PMD memberikan perlengkapan rumah tangga dan Ketahanan Pangan berupa bantuan pasokan pangan.

"Bantuan diserahkan hari ini bersama Pak Bupati Afif Nurhidayat beserta jajaran OPD terkait. Kami mengimbau masyarakat tetap waspada, hati-hati cuaca ekstrim dan yang utama soal jaringan listrik harus sesuai standar. Sebab banyak sekali kejadian diduga konsleting listrik yag notabene menggunakan instalasi tidak standar," kata Bambang.

Sementara itu, Ketua RT 2 RW 12 Singkir Jarakasari Romadhon menjelaskan, dua rumah yang mengalami kebakaran adalah milik Sudiyo dan Rusmono dan tak jauh dari kediamannya. Mulanya, Romadhon mengaku akan pergi ke masjid pada 18.15, namun mendengar teriakan anak-anak bila ada kobaran api.

Baca Juga: Augmented Reality dalam Konser Pamit Marching Band UPN Yogyakarta

"Kami kira anak-anak hanya mainan saja, tapi setelah saya cek keluar rumah ternyata sudah terlihat kobaran api di bagian atas salah satu rumah dan merembet ke sebelahnya.Kami langsung menghubungi pemadam kebakaran dan langsung dipadamkan," kata Romadhon yang ditemui sesaat setelah kejadian, Sabtu (19/11) malam.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Terkini

KPU Temanggung Tetapkan 6 Dapil Pemilu 2024 Mendatang

Senin, 28 November 2022 | 18:40 WIB

3 Anggota Keluarga Tewas di Magelang, Dugaan Diracun

Senin, 28 November 2022 | 15:39 WIB

Kota Magelang Raih 6 STBM Award dari Kemenkes

Sabtu, 26 November 2022 | 10:15 WIB

Pelajar Gelar Doa Bersama, Untuk Korban Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 10:14 WIB

1.300 Petani Tolak Kenaikan Cukai

Sabtu, 26 November 2022 | 10:02 WIB
X