Bantuan RTLH 2022 Tidak Cair, Warga Bingung Lunasi Biaya Beli Material

- Kamis, 17 November 2022 | 09:19 WIB
Salah satu rumah warga lansia penerima bantuan RTLH di Desa Kalimiru, Kecamatan Bayan, sudah selesai dibangun, namun bantuan tidak jadi cair, (SM/Hafidz Kurnia)
Salah satu rumah warga lansia penerima bantuan RTLH di Desa Kalimiru, Kecamatan Bayan, sudah selesai dibangun, namun bantuan tidak jadi cair, (SM/Hafidz Kurnia)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com - Dana bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Kabupaten Purworejo tahun 2022 untuk 398 rumah dipastikan tidak bisa dicairkan.

Padahal sebagian besar pembongkaran dan pembangunan pada rumah-rumah tersebut telah dilakukan, bahkan ada yang sudah selesai dibangun 100 persen.

Dengan tidak cairnya RTLH ini, warga para penerima bantuan akhirnya menjadi kebingungan untuk melunasi biaya pembelian material, yang awalnya akan menggunakan dana bantuan RTLH sebesar Rp 15 juta setiap rumah.

Para warga penerima bantuan RTLH yang pembangunannya belum selesai juga terancam tidak memiliki tempat tinggal. Salah satu desa yang warganya mendapat bantuan RTLH adalah Desa Kalimiru, Kecamatan Bayan.

Kepala Desa Kalimiru, Agung Yuli Priatmoko mengemukakan, pada prinsipnya kepala desa atas nama pemerintahan desa hanya menindaklanjuti apa yang menjadi keluh kesah masyarakat sebagai penerima bantuan RTLH.

Pihaknya telah melakukan upaya protes dan klarifikasi ke Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Dinperkimtan) Kabupaten Purworejo terkait masalah RTLH ini.

Namun, menurut Agung, Dinperkimtan belum memberikan solusi apapun.

"Karena menurut informasinya itu semua proses dilalui tiba-tiba ada surat yang bisa kita simpulkan sebagai pembatalan pembatalan kegiatan bantuan RTLH tersebut," kata Agung saat ditemui di kantor desa setempat, Rabu (16/11).

Padahal, kata Agung, mungkin hampir mayoritas penerima bantuan RTLH itu sudah melakukan pembangunan. Di desanya sendiri dari penerima 10 warga, 9 rumah sudah dibangun, bahkan ada yang sudah selesai 100 persen.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPU Temanggung Tetapkan 6 Dapil Pemilu 2024 Mendatang

Senin, 28 November 2022 | 18:40 WIB

3 Anggota Keluarga Tewas di Magelang, Dugaan Diracun

Senin, 28 November 2022 | 15:39 WIB

Kota Magelang Raih 6 STBM Award dari Kemenkes

Sabtu, 26 November 2022 | 10:15 WIB

Pelajar Gelar Doa Bersama, Untuk Korban Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 10:14 WIB

1.300 Petani Tolak Kenaikan Cukai

Sabtu, 26 November 2022 | 10:02 WIB
X