Disdikbud Kota Magelang Gelar Pentas Wayang Pekan Ini

- Kamis, 10 November 2022 | 21:32 WIB
Kabid Kebudayaan Disdikbud Kota Magelang Sugeng Priyadi (kanan) dalam konferensi pers pentas wayang pekan ini, di Pemkot Magelang, Kamis (10/11/2022). (Suara Merdeka/Asef Amani)
Kabid Kebudayaan Disdikbud Kota Magelang Sugeng Priyadi (kanan) dalam konferensi pers pentas wayang pekan ini, di Pemkot Magelang, Kamis (10/11/2022). (Suara Merdeka/Asef Amani)

MAGELANG, SUARA MERDEKA - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang akan menggelar pentas wayang kulit semalam suntuk di Alun-alun Kota Magelang, Sabtu (12/11/2022) mendatang.

Pentas akan dibawakan oleh dalang Ki Cahyo Kuntadi dari Karanganyar, Jawa Tengah dengan lakon Dumadine Punakawan. Turut serta bintang tamu duo pelawak Jo Klithik Jo Kluthuk dari Ponorogo, Jawa Timur.

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kota Magelang Sugeng Priyadi mengatakan, Dumadine Punakawan bercerita soal dialog Kyai Semar dengan Syekh Subakir di Gunung Tidar. Terselip pula pesan-pesan Kyai Semar ihwal ajaran Asta Brata kepada masyarakat untuk menjaga ketenteraman dan keamanan.

Baca Juga: Hari Wayang, MTs 2 Magelang Nobar Pentas Animasi Ki Seno Nugroho

Sebelum Ki Cahyo Kuntadi naik panggung, Sugeng bilang pementasan akan diawali karawitan gabungan TNI dan Polri yang dipimpin Kepala Polres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang. Yolanda juga disebut bakal menampilkan lakon wayang.

"Apabila dikaitkan dengan legenda di Kota Magelang, seperti legenda Gunung Tidar menjadi Pakuning Tanah Jawa, harapannya dalang kita bisa menggambarkan cerita itu sekaligus menyampaikan ajaran-ajaran punakawan," jelasnya dalam konferensi pers di Pemkot Magelang, Kamis (10/11/2022).

Perlu diketahui, pagelaran yang diadakan Disdikbud itu mendapat alokasi pembiayaan lewat Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Sebab itu, pada pertunjukan mendatang akan disisipi sosialisasi dari Bea Cukai Magelang soal Gempur Rokok Ilegal.

Baca Juga: World Wayang Way: Kenalkan Wayang pada Kaum Muda

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Kemenkeu Jateng, Paparkan Kinerja Positif APBN 2022

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:03 WIB

Polda Jateng Mulai Uji Coba Drone Tilang Elektronik

Jumat, 27 Januari 2023 | 18:07 WIB

Realisasi PAD Kota Magelang Naik Signifikan

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:00 WIB

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X