NU Peduli Serahkan Santunan Korban Meninggal Akibat Longsor

- Selasa, 8 November 2022 | 08:08 WIB
Perwakilan NU Peduli PCNU Kebumen, Marlan menyerahkan santunan kepada ahli waris korban meninggal akibat longsor di Desa Argopeni Kecamatan Ayah, Kebumen, Jumat (4/11). (SM/Arif Widodo)
Perwakilan NU Peduli PCNU Kebumen, Marlan menyerahkan santunan kepada ahli waris korban meninggal akibat longsor di Desa Argopeni Kecamatan Ayah, Kebumen, Jumat (4/11). (SM/Arif Widodo)

AYAH, suaramerdeka-kedu.com - NU Peduli PCNU Kebumen menyerahkan santunan korban meninggal akibat longsor di Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, Kebumen, Jumat (4/11).

Santunan tersebut dari hasil pengumpulan dana melalui Gerakan Koin NU Kebumen (Gennuk), yang merupakan program Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU).

Penyerahan santunan dilaksanakan di balai desa setempat kepada ahli waris Samidin (66) dan Rasinah (62), pasangan suami istri yang meninggal akibat longsor di Desa Argopeni pada Kamis (3/11).

Perwakilan NU Peduli PCNU Kebumen, Marlan mengatakan, santunan tersebut bentuk kepedulian NU Peduli dalam rangka tanggap bencana. "Untuk korban yang meninggal kita serahkan santunan bela sungkawa, sedangkan bagi korban yang terdampak berupa paket sembako," katanya.

Baca Juga: Wisuda UMNU, Imam Puji Prestasi Bupati Arif

Marlan yang Ketua LAZISNU Kebumen itu menjelaskan, bantuan yang diserahkan itu memang dari hasil pengumpulan Gennuk. Disebutkan, program Gennuk sudah berjalan di 12 kecamatan dari 26 kecamatan di Kebumen. Di mana tiap bulannya bisa menghimpun dana sekitar Rp 200 juta.

Dana tersebut kemudian dikembalikan ke ranting dan MWC sebesar 80 persen. Sisanya, lanjut Marlan, sebesar 20 persen dibagi 5 persen untuk kebencanaan dan 15 persen untuk kegiatan PCNU Kebumen.

"Kami berharap ke depan Gennuk berjalan efektif di semua MWC," kata
Marlan yang didampingi Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) PCNU Kebumen, M Nur Ridwan.

Terpisah, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang meninjau lokasi longsor di Argopeni mengaku terus mencanangkan penanaman pohon di perbukitan untuk mencegah longsor dan banjir.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiga Bidang untuk Majukan NU di Wonosobo

Senin, 6 Februari 2023 | 08:51 WIB

Gerai Layanan SIM Hadir di MPP Kota Magelang

Minggu, 5 Februari 2023 | 21:27 WIB

Kemeriahan Kirab Cap Go Meh 2023 Kota Magelang

Minggu, 5 Februari 2023 | 17:57 WIB

Wonosobo Pasang 40 Ribu Patok pada Gemapatas

Jumat, 3 Februari 2023 | 18:13 WIB
X