World Wayang Way: Kenalkan Wayang pada Kaum Muda

- Senin, 7 November 2022 | 17:59 WIB
Peserta laku wayang di Candi Borobudur, Senin (7/11/2022) sore. Acara ini bagian World Wayang Way yang digelar Sanggar Kinnara Kinnari. (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)
Peserta laku wayang di Candi Borobudur, Senin (7/11/2022) sore. Acara ini bagian World Wayang Way yang digelar Sanggar Kinnara Kinnari. (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)

MAGELANG, SUARA MERDEKA - Gelaran World Wayang Way, Minggu dan Senin (6-7/11/2022), di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, menjadi upaya pengenalan wayang kepada masyarakat terutama kaum muda.

Hal itu disampaikan Eko Sunyoto, Pimpinan Sanggar Kinnara Kinnari, di Candi Borobudur, Senin. Sanggar Kinnara Kinnari menghelat World Wayang Way dalam rangka Hari Wayang yang diperingati setiap 7 November.

Pada hari pertama World Wayang Way, diadakan tiga pementasan meliputi wayang beber, dongeng wayang, dan wayang kulit di homestay Kampoeng Semar, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur. Masing-masing pentas dibawakan dalang Lingga Ahmad Syarifudin, Eko Sunyoto, dan Yulius Iswanto.

Nama terakhir juga memberikan lokakarya menggambar wayang dengan peserta pelajar TK dan SD.

Baca Juga: Mural Wayang Pancasila, Perayaan Alternatif Lahirnya Pancasila

World Wayang Way ditutup dengan laku wayang, yakni 25 peserta berjalan dari Balai Konservasi Borobudur menuju pelataran Candi Borobudur sambil membawa figur wayang. Kemudian, mereka mengelilingi situs warisan dunia tersebut sebanyak dua kali.

Eko menuturkan sejak pertama kali dihelat pada 2018, World Wayang Way mengutamakan pengenalan wayang kepada kaum muda. Pasalnya, menurut dia, kaum muda mengenal wayang hanya dari jauh, yakni lewat buku atau pementasan.

Raya (tengah), salah satu peserta laku wayang, di Candi Borobudur, Senin (7/11/2022). Acara ini bagian dari World Wayang Way yang digelar Sanggar Kinnara Kinnari. (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)

"Dengan World Wayang Way, kami dekatkan wayang kepada mereka. Itu metodologi kami," ujarnya.

Raya (10), salah satu peserta laku wayang, mengaku antusias ikut merayakan Hari Wayang. Dia pun tak ketinggalan mengabadikan dirinya yang memegang figur Dewi Kunti dengan swafoto.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Kemenkeu Jateng, Paparkan Kinerja Positif APBN 2022

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:03 WIB

Polda Jateng Mulai Uji Coba Drone Tilang Elektronik

Jumat, 27 Januari 2023 | 18:07 WIB

Realisasi PAD Kota Magelang Naik Signifikan

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:00 WIB

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X