Jamus Gemilang, Upaya Kenalkan Tempat Wisata di Kabupaten Magelang

- Senin, 7 November 2022 | 12:00 WIB
Tangkapan layar program Jamus Gemilang yang membahas wisata Petik Strawberry di Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan.
Tangkapan layar program Jamus Gemilang yang membahas wisata Petik Strawberry di Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan.

Kabupaten Magelang identik dengan Candi Borobudur. Tingginya minat berwisata di situs warisan dunia tersebut acap membuat panjang antrean wisatawan. Sembari menanti lapang, wisatawan bisa menjajal destinasi wisata lain yang tersebar di bumi Panca Arga, julukan Kabupaten Magelang.

Kabupaten Magelang mempunyai banyak ragam tempat wisata, mulai dari jenis alam, edukasi, olahraga hingga sejarah. Semua wilayah memiliki potensi wisatanya masing-masing. Sebut saja Ketep Pass yang menawarkan lanskap alam dengan latar belakang Gunung Merapi. Nepal van Java dengan barisan rumah penduduk yang berwarna-warni.

Dari sekian daftar objek wisata, boleh jadi masyarakat cuma tahu segelintir, terutama yang banyak viral di media sosial. Sebab itu, diseminasi informasi tempat wisata perlu digalakkan. Tidak semata untuk membantu masyarakat sebagai tambahan referensi, tapi juga sebagai ajang promosi tempat wisata terkait.

Peran tersebut yang kini sedang dilakukan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Gemilang lewat program Jagongan lan Musyawarah (Jamus) Gemilang Spesial Destinasi Wisata. Radio yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Magelang.

Jamus Gemilang Spesial Destinasi Wisata ialah gelar wicara yang menghadirkan langsung pengelola wisata untuk bercerita soal profil wisatanya. Gelar wicara ini bisa disimak dengan menyetel radio di frekuensi 96.8 FM atau menonton siaran langsung di akun Youtube GemilangFMNews Official.

Hal unik dari program tersebut adalah bukan studio sebagai tempat untuk bercengkerama, tetapi siaran langsung di tempat wisata. Sudah banyak destinasi yang dibahas, seperti Terasering Sitegong di Kecamatan Kajoran, Jurang Jero (Kecamatan Dukun), Tol Kahyangan (Kecamatan Sawangan), dan lain-lain.

Kepala Diskominfo Kabupaten Magelang, Endra Endah Wacana menuturkan, Jamus Gemilang Spesial Destinasi Wisata adalah upaya mengenalkan berbagai objek wisata di Kabupaten Magelang kepada masyarakat.

Objek wisata yang diundang dalam Jamus Gemilang khususnya yang menerima fasilitas jaringan internet dari Diskominfo.

"Kami berharap lewat talkshow itu masyarakat lebih mengenal Radio Gemilang juga. Jadi, Radio Gemilang tidak hanya menyampaikan berita-berita yang monoton tapi berita-berita yang bisa mem-branding objek-objek wisata," jelasnya.

Endra menambahkan Jamus Gemilang tak cuma membahas destinasi wisata. Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga turut diundang. Dalam hal ini, Radio Gemilang bekerja sama dengan Bank Bapas 69 Magelang yang memiliki sejumlah nasabah pelaku UMKM.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Kemenkeu Jateng, Paparkan Kinerja Positif APBN 2022

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:03 WIB

Polda Jateng Mulai Uji Coba Drone Tilang Elektronik

Jumat, 27 Januari 2023 | 18:07 WIB

Realisasi PAD Kota Magelang Naik Signifikan

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:00 WIB

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X