Puskesos Diharapkan Mampu Selesaikan Masalah Kemiskinan

- Kamis, 3 November 2022 | 07:25 WIB
Wabup Yuli Hastuti menyerahkan bantuan secara simbolis kepada 21 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) berupa uang tunai dan satu unit laptop untuk setiap supervisor Puskesos, di di Pendapa Agung Kabupaten Purworejo (SM/Dok)
Wabup Yuli Hastuti menyerahkan bantuan secara simbolis kepada 21 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) berupa uang tunai dan satu unit laptop untuk setiap supervisor Puskesos, di di Pendapa Agung Kabupaten Purworejo (SM/Dok)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com - Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) se-Kabupaten diharapkan menjadi salah satu lembaga yang mampu menyelesaikan masalah kemiskinan.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti pada saat meresmikan dan melaunching Puskesos SLRT di Pendapa Agung Kabupaten Purworejo, Rabu (02/11).

Hadir dalam acara tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Bambang Susilo, Kadinsosdaldukkb Ahmad Jainudin, dan unsur terkait lainnya.

Wabup mengapresiasi gagasan perubahan diklat Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Purworejo (Dinsosdaldukkb), yang mengangkat isu optimalisasi penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Daerah menuju Cakupan Kesehatan Semesta (universal health coverage).

“Isu ini relevan dengan kondisi UHC Kabupaten Purworejo yang baru mencapai 83%, membutuhkan kerja keras dan konsistensi untuk mencapai 98% sesuai dengan target RPJMN,” katanya.

Menurutnya, kesehatan menjadi salah satu kunci tercapainya visi Purworejo Berdaya Saing 2025. Daya saing sumber daya manusia tidak hanya dilihat dari kecerdasan intelektual, spiritual dan emosional, tetapi didukung dengan kualitas kesehatan secara fisik.

Puskesos akan memberi manfaat apabila mampu melaksanakan peran dan fungsinya secara baik dalam perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan,” tandasnya.

Baca Juga: SMKN 1 Gombong Sabet 2 Medali Emas LKS Tingkat Nasional

Wabup menambahkan, program pemerintah dalam percepatan penanggulangan kemiskinan dapat segera menampakkan hasil. Salah satunya adalah melalui bantuan sosial dan jaminan sosial yang benar-benar tersalur tepat sasaran, tepat mutu dan tepat waktu.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiga Bidang untuk Majukan NU di Wonosobo

Senin, 6 Februari 2023 | 08:51 WIB

Gerai Layanan SIM Hadir di MPP Kota Magelang

Minggu, 5 Februari 2023 | 21:27 WIB

Kemeriahan Kirab Cap Go Meh 2023 Kota Magelang

Minggu, 5 Februari 2023 | 17:57 WIB

Wonosobo Pasang 40 Ribu Patok pada Gemapatas

Jumat, 3 Februari 2023 | 18:13 WIB
X