Untidar Latih Warga Sumberarum Pembuatan Mebel dan Interior

- Jumat, 28 Oktober 2022 | 14:11 WIB
Tim prodi Teknik Sipil Untidar foto bersama dengan warga Desa Sumberarum dan perwakilan pemerintahan setempat dalam rangka penutupan pelatihan pembuatan mebel dan interior. (Dokumentasi Untidar)
Tim prodi Teknik Sipil Untidar foto bersama dengan warga Desa Sumberarum dan perwakilan pemerintahan setempat dalam rangka penutupan pelatihan pembuatan mebel dan interior. (Dokumentasi Untidar)

MAGELANG, SUARA MERDEKA - Tim program studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tidar menggelar pelatihan pembuatan mebel dan interior bagi pekerja bangunan di Desa Sumberarum, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang.

Salah satu anggota tim, Ali Murtopo mengatakan, pelatihan yang diadakan mulai bulan April hingga Oktober itu dihelat karena banyak warga setempat yang bekerja sebagai pekerja bangunan dengan pendapatan yang tidak stabil.

"Jika warga memiliki kemampuan membuat mebel dan interior, harapannya pada bulan-bulan saat tidak ada pekerjaan proyek, mereka tetap bisa mendapatkan penghasilan atau bahkan bisa menjadi rintisan usaha baru," jelasnya, dilansir dari laman Untidar, Jumat (28/10/2022).

Baca Juga: Bandongan Berkarya dengan Seninya

Salah satu teknik yang diajarkan, Ali berujar, ialah penyelesaian pada high pressure laminate, yakni kertas tebal dengan tekstur dan motif kayu yang direkatkan pada kayu olahan. Misal, pada meja, kabinet, set dapur, atau furnitur.

Adapun hasil pelatihan tersebut berupa backdrop dengan tulisan "Pemerintah Desa Sumberarum, Kecamatan Tempuran". Backdrop ini lantas dipasang di lobi kantor desa setempat.

"Meja pelayanan juga ditata sedemikian rupa. Tentunya jika ruangan rapi dan nyaman pastinya tamu atau warga yang berkunjung juga ikut merasa nyaman," tandasnya.

"Penataan interior dalam ruang bisa meningkatkan performa kerja dan kenyamanan seseorang," imbuhnya.

Baca Juga: Pajak Kendaraan di Purworejo Tahun 2022 Capai Rp 74 Miliar Hingga Bulan Oktober

Termasuk Ali, tim Teknik Sipil terdiri atas lima tenaga pendidik yakni Dedy Firmansyah, Achmad Rafi'ud Darajat, Herlita Prawenti, dan Ria Miftakhul Jannah.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Kemenkeu Jateng, Paparkan Kinerja Positif APBN 2022

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:03 WIB

Polda Jateng Mulai Uji Coba Drone Tilang Elektronik

Jumat, 27 Januari 2023 | 18:07 WIB

Realisasi PAD Kota Magelang Naik Signifikan

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:00 WIB

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X