Siswa SMA N 6 Purworejo Kesurupan Secara Massal

- Senin, 24 Oktober 2022 | 19:38 WIB
Suasana sepi SMA N 6 Purworejo setelah para siswanya dipulangkan karena ada kejadian kesurupan massal (SM/Hafidz Kurnia)
Suasana sepi SMA N 6 Purworejo setelah para siswanya dipulangkan karena ada kejadian kesurupan massal (SM/Hafidz Kurnia)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com - Siswa di SMA N 6 Kabupaten Purworejo kesurupan secara massal. Para siswa tersebut berteriak histeris saat sedang mengikuti upacara bendera dalam rangka Hari Santri pada Senin (24/10) pagi.

Kepala Sekolah SMA N 6, Sukisno mengatakan jika awalnya hanya ada satu siswa yang berteriak histeris pada upacara bendera itu. Namun, kemudian tidak berselang lama hal itu menular ke siswa-siswa lain.

"Waktu selesai pengibaran bendera ada satu anak yang histeris, lalu kok menyebar banyak," kata Sukisno saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (24/10) siang.

Setelah ada kejadian itu, pihak sekolah langsung memutuskan untuk memulangkan para siswa. Sedangkan beberapa siswa yang mengalami kesurupan diberikan treatment (perawatan) sebelum akhirnya juga dipulangkan.

"Kata orang yang tahu treatment seperti itu harus dipisahkan antara yang sehat dan yang mendapat masalah itu, maka kami putuskan upacara kami bubarkan, didampingi wali kelas masing yang sehat kami pulangkan, yang sakit kami beri treatment," terangnya.

Dikatakan, siswa yang berteriak histeris secara massal itu diberikan perawatan oleh sejumlah guru dan karyawan yang ada di sekolah.

Kemudian setelah beberapa jam, sekitar 10 siswa yang kesurupan itu berhasil terkondisikan.

"Ya ada guru agama memberikan doa-doa, pokoknya semua berkontribusi untuk menyembuhkan. Tadi paling banyak putri. Yang menyembuhkan semuanya, kami terima kasih pada tim. Semua lapisan baik guru, karyawan, dan siswa membantu anak-anak yang bergejala seperti itu, dan Alhamdulillah tidak banyak (kesurupan) hanya sekitar 10 anak. Pada jam setengah 10 (pagi) bisa terkondisikan semuanya," terangnya.

Baca Juga: SMP di Purworejo Raih Juara Umum Piala Raja HB X Dengan Alat Terbatas, Berharap ada Perhatian dari Pemda

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenkeu Jateng, Paparkan Kinerja Positif APBN 2022

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:03 WIB

Polda Jateng Mulai Uji Coba Drone Tilang Elektronik

Jumat, 27 Januari 2023 | 18:07 WIB

Realisasi PAD Kota Magelang Naik Signifikan

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:00 WIB

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X