Kado Istimewa Hari Santri, SMP VIP Al-Huda Raih Juara Umum Lomba Mapsi Empat Kali Berturut-turut

- Minggu, 23 Oktober 2022 | 13:12 WIB
Kado Istimewa Hari Santri, SMP VIP Al-Huda Raih Juara Umum Lomba Mapsi Empat Kali Berturut-turut (SM/Arif Widodo)
Kado Istimewa Hari Santri, SMP VIP Al-Huda Raih Juara Umum Lomba Mapsi Empat Kali Berturut-turut (SM/Arif Widodo)

KEBUMEN, suaramerdeka-kedu.com - SMP VIP Al-Huda Kebumen kembali meraih juara umum lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (Mapsi) tingkat Kabupaten Kebumen. Raihan empat kali berturut-turut itu menjadi kado istimewa pada Hari Santri 2022.

Atas pencapaian prestasi tersebut, piala bergilir dan piala tetapnya langsung diserahkan usai upacara peringatan Hari Santri di halaman kompleks Pondok Pesantren (PP) Al-Huda Kebumen, Sabtu (22/10).

Penyerahan oleh Direktur Yayasan Kholidiyah KH Wahib Mahfudz kepada Kepala SMP VIP Al-Huda Kebumen Farkhanudin. "Bagi juara umum Mapsi tiga kali berturut-turut memang berhak mendapatkan piala tetap. Kalau piala bergilirnya diitung dari awal sebagai juara umum," kata Farkhanudin.

Dalam kesempatan itu, KH Wahib Mahfudz yang Pengasuh PP Al-Huda Kebumen juga menyerahkan piala dan beasiswa kepada siswa SMP, SMA dan SMK VIP Al-Huda dengan total Rp 559.475.000.

Farkhanudin mengemukakan, pemberian beasiswa itu salah satu bentuk apresiasi pihak yayasan dan sekolah kepada santri berprestasi. Selain juara umum Mapsi, jelasnya, terdapat pula peraih juara harapan dua MTQ tingkat Provinsi Jateng untuk cabang tilawah anak.

Baca Juga: Peringati Hari Santri, MTs 2 Magelang Undang Santri Berkunjung ke Perpustakaan

Ada lagi juara dua dan tiga turnamen pencak silat yang digelar Kodim 0709 Kebumen beberapa waktu lalu. Untuk lomba Mapsi disebut Farkhanudin diikuti oleh seluruh SMP Se-Kebumen yang juara terbanyaknya diraih SMP VIP Al-Huda hingga empat kali berturut-turut.

"Dengan perolehan prestasi tersebut, diharapkan anak lebih semangat dalam belajar, mengaji serta kejuaraan yang sudah diraih bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi," imbuhnya.

Sebanyak dua ribu santri PP Al-Huda tampak antusias mengikuti upacara dengan pembina Gus Fatihun Nada. Ia membacakan amanat Menag Yaqut Cholil Qoumas ihwal penetapan Hari Santri oleh Presiden Jokowi tahun 2015 yang mendasari Resolusi Jihad dari KH Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober 1945.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiga Bidang untuk Majukan NU di Wonosobo

Senin, 6 Februari 2023 | 08:51 WIB

Gerai Layanan SIM Hadir di MPP Kota Magelang

Minggu, 5 Februari 2023 | 21:27 WIB

Kemeriahan Kirab Cap Go Meh 2023 Kota Magelang

Minggu, 5 Februari 2023 | 17:57 WIB

Wonosobo Pasang 40 Ribu Patok pada Gemapatas

Jumat, 3 Februari 2023 | 18:13 WIB
X