Aplikasi Dompet Digital Diluncurkan, Mudahkan Transaksi Masyarakat Untuk Berbagai Pembayaran

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:39 WIB
Pemkab Purworejo bersama DOKU meluncurkan aplikasi dompet digital bernama Larisi, di pendapa Rumah Dinas Bupati Purworejo (SM/Dok)
Pemkab Purworejo bersama DOKU meluncurkan aplikasi dompet digital bernama Larisi, di pendapa Rumah Dinas Bupati Purworejo (SM/Dok)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com - Kabupaten Purworejo terus berupaya untuk mencetuskan inisiatif baru yang dapat menunjang kegiatan warga melalui pemanfaatan platform digital.

Yang terbaru, Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Purworejo berkolaborasi dengan DOKU, platform pembayaran digital yang sudah berdiri sejak tahun 2007 meluncurkan sebuah aplikasi bernama Larisi.

Aplikasi asli Purworejo ini akan berfungsi sebagai pusat informasi, marketplace, media sosial dan juga dapat dipergunakan untuk melakukan transaksi pembayaran digital.

Yang paling utama aplikasi ini akan mempermudah masyarakat dalam bebagai macam jenis pembayaran. Aplikasi Larisi resmi diluncurkan dalam sebuah Forum Komunikasi Aspirasi Publik bertajuk ‘Critical Voice Point’ yang diadakan di Pendopo Kabupaten Purworejo, Selasa (4/10) siang.

Bupati Purworejo Agus Bastian, menyampaikan, sejak Purworejo masuk dalam program 150 Smart City nasional pada tahun 2021 dan ditetapkan sebagai Kabupaten Cerdas (Perda Nomor 6 Tahun 2022), pihaknya terus melakukan upaya-upaya percepatan untuk mendukung keberhasilan transformasi digital, salah satunya adalah melalui aplikasi Larisi.

"Apabila eksoistem transaksi non tunai melalui Larisi Purworejo juga sudah terbentuk, maka akan memudahkan masyarakat dalam bertransaksi karena kita tidak harus membawa uang kemana-mana, tidak perlu mengantri di ATM untuk mengambil uang, tidak perlu repot mencari pengembalian, pembayaran dan berbagai kemudahan lainnya," jelas Bupati pada sela-sela peluncuran.

Namun, pihaknya menyadari diperlukan upaya bersama untuk mewujudkan suatu ekosistem yang baru, yang apabila sudah terbentuk akan sangat memberikan kemudahan dan kenyaman.

Rachma Kandini, VP SME Product & Technology DOKU mengungkapkan, dengan kapabilitas utama sebagai platform pembayaran, DOKU berharap kehadiran fitur uang elektronik di dalam aplikasi Larisi ini dapat mempermudah transaksi non-tunai sehari-hari dari warga Purworejo.

"Mulai dari transfer uang, pembayaran BPJS, pembelian token listrik, pengisian pulsa, pembayaran retribusi parkir, hingga belanja produk lokal unggulan yang dapat dijual langsung oleh pelaku UMKM di Purworejo melalui aplikasi," katanya.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPU Temanggung Tetapkan 6 Dapil Pemilu 2024 Mendatang

Senin, 28 November 2022 | 18:40 WIB

3 Anggota Keluarga Tewas di Magelang, Dugaan Diracun

Senin, 28 November 2022 | 15:39 WIB

Kota Magelang Raih 6 STBM Award dari Kemenkes

Sabtu, 26 November 2022 | 10:15 WIB

Pelajar Gelar Doa Bersama, Untuk Korban Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 10:14 WIB

1.300 Petani Tolak Kenaikan Cukai

Sabtu, 26 November 2022 | 10:02 WIB
X