Mahasiswa Untidar Lakukan Kekerasan Seksual pada Mahasiswa PMM

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 21:11 WIB
Universitas Tidar. (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)
Universitas Tidar. (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)

MAGELANG, SUARA MERDEKA - Seorang mahasiswa Universitas Tidar diduga melakukan kekerasan seksual terhadap dua mahasiswa yang berasal dari luar Magelang.

Para korban merupakan peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) yang digagas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kasus kekerasan seksual itu dipublikasikan secara gamblang oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Untidar di media sosial. Dalam unggahan tercatat pelaku yang berinisial M adalah anggota BEM KM Untidar.

Ketua BEM KM Untidar, Teddy Firmansyah mengatakan, atas kasus tersebut pihaknya memberhentikan M secara tidak hormat dari BEM KM Untidar.

Teddy menceritakan kekerasan seksual terjadi saat korban tertidur di sebuah indekos pada 19 Agustus dini hari. Dia tidak merinci kekerasan seksual yang dilakukan M terjadi secara bersamaan atau terpisah.

Sebelumnya M menjemput mereka di Bandar Udara Internasional Yogyakarta, Kabupaten Kulonprogo.

Baca Juga: Untidar Segera Sahkan Satgas PPKS

"Korban lalu melapor ke Forkes [Forum Kesetaraan, unit pengaduan/advokasi kasus kekerasan/pelecehan seksual di bawah naungan BEM KM Untidar] akhir Agustus," ujarnya.

Wakil Rektor III (Bidang Kemahasiswaan dan Alumni) Untidar, Prof Sugiyarto menyampaikan, para korban adalah laki-laki. "(Pelaku dan korban) sesama laki-laki," ucapnya.

Dia mengaku korban sudah mendapatkan pendampingan psikologis dan dinyatakan bisa berkuliah lagi. Dia sebut korban tetap melanjutkan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka selama satu semester.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

KPU Temanggung Tetapkan 6 Dapil Pemilu 2024 Mendatang

Senin, 28 November 2022 | 18:40 WIB

3 Anggota Keluarga Tewas di Magelang, Dugaan Diracun

Senin, 28 November 2022 | 15:39 WIB

Kota Magelang Raih 6 STBM Award dari Kemenkes

Sabtu, 26 November 2022 | 10:15 WIB

Pelajar Gelar Doa Bersama, Untuk Korban Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 10:14 WIB

1.300 Petani Tolak Kenaikan Cukai

Sabtu, 26 November 2022 | 10:02 WIB
X