Pemkab Wonosobo Ajukan Dua Usulan Raperda untuk Majukan Pariwisata

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 16:37 WIB

WONOSOBO, kedu.suaramerdeka.com - Pemkab Wonosobo mengajukan empat raperda dalam rapat paripurna DPRD. Dua poin di antaranya yakni mengenai raperda usaha pariwisata. Usulan raperda tersebut diharapkan bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan memajukan pariwisata Wonosobo.

Wakil Bupati Wonosobo M Albar menjelaskan di antara empat usulan raperda terdapat dua usulan raperda mengenai parisiwata. Usulan tersebut yakni Raperda tentang Perubahan atas Perda Nomor 7 Tahun 2018 tentang Usaha Wisata dan Raperda tentang Pencabutan atas Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2018 mengenai Usaha Pariwisata.

Dia menjelaskan, usulan raperda tersebut merespon ramainya pariwisata Wonosobo hari ini. Maka dari itu perlu dilakukan pembenahan dri sisi aturan, sehingga usaha wisata yang dibangun masyarakat maupun pemerintah berjalan lancar.

Baca Juga: Meski Dicabut Perbup No.117 Tahun 2021, Pedagang Pasar Masih Belum Puas

"Perda ini nantinya disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang baru. Tentu dengan landasan UU yang berlaku dari pusat. Hari ini juga kita lihat bukti konkrit di Dieng banyak personal yang membangun wisata," kata Albar usai rapur, Selasa (4/10).

Dia juga menyampaikan dukungan atas usaha pariwisata yang dibangun milik personal. Dengan demikian dapat meramaikan destinasi wisata Wonosobo sekaligus mendongkrak ekonomi.

"Hal ini tentu berimbas pada masyarakat lain, secara ekonomi terutama. Selain itu juga menghilangkan penat dari usaha pertanian khususnya sayuran yang hari ini harganya anjlok," imbuh dia.

Baca Juga: Doa dari Magelang untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Dikatakan Albar, sedangkan usulan mengenai Raperda tentang Pencabutan atas Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2018 mengenai Usaha Pariwisata dia menilai agar segera dikabulkan. Sebab hal ini sudah tidak sesuai dengan kondisi UU yang berlaku saat ini.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Terkini

KPU Temanggung Tetapkan 6 Dapil Pemilu 2024 Mendatang

Senin, 28 November 2022 | 18:40 WIB

3 Anggota Keluarga Tewas di Magelang, Dugaan Diracun

Senin, 28 November 2022 | 15:39 WIB

Kota Magelang Raih 6 STBM Award dari Kemenkes

Sabtu, 26 November 2022 | 10:15 WIB

Pelajar Gelar Doa Bersama, Untuk Korban Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 10:14 WIB

1.300 Petani Tolak Kenaikan Cukai

Sabtu, 26 November 2022 | 10:02 WIB
X