Polres Magelang Kota Mulai Operasi Zebra Berbasis ETLE

- Senin, 3 Oktober 2022 | 17:11 WIB
Apel gelar pasukan operasi Zebra Candi di halaman apartemen Musvia Polres Magelang Kota, Senin (3/10/2022). (Dokumentasi Polres Magelang Kota)
Apel gelar pasukan operasi Zebra Candi di halaman apartemen Musvia Polres Magelang Kota, Senin (3/10/2022). (Dokumentasi Polres Magelang Kota)

MAGELANG, SUARA MERDEKA – Melalui operasi zebra 2022, tidak akan ada lagi penilangan secara manual. Pasalnya Polres Magelang Kota menggelar operasi menggunakan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Seperti yang disampaikan Kapolres Magelang Kota, AKBP Yolanda E Sebayang dalam apel pembukaan operasi zebra 2022 di halaman apartemen Mosvia Polres Magelang Kota, Senin (3/10).

AKBP Yolanda E Sebayang menuturkan, penerapan sistem ETLE diharapkan dapat menghindari permainan kotor antara oknum petugas dengan masyarakat. “Walaupun tahapannya lebih panjang, tapi karena petugas tidak bertemu langsung dengan masyarakat, tentu dapat menghindari pungutan liar dari petugas yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Walaupun bentuk penindakan operasi zebra 2022 menggunakan sistem ETLE, namun terdapat beberapa hal yang bisa ditindak secara langsung. Misalnya mobil dengan muatan berlebih dan penggunaan knalpot brong.

Baca Juga: Ada Candi Borobudur, Polres Magelang Naik Tipe Jadi Polresta

“Sistem operasinya sudah tidak perlu melakukan pengecekan surat secara langsung, sebab pelanggaran yang dilakukan secara kasat mata, seperti penggunaan perlengkapan spion, helm yang tidak sesuai aturan akan ditindak lewat ETLE. Namun untuk brong dan mobil overload, bisa ditindak secara langsung,” jelasnya.

ETLE, katanya, tidak akan langsung melakukan penilangan begitu saja, sebab terdiri dari beberapa tahap. Mulai dari proses pengambilan gambar, yang kemudian memerlukan konfirmasi ke Korlantas untuk mengirim teguran. Jika terbukti melanggar, maka surat tilang akan dikirimkan langsung dari pusat kepada masyarakat.

“Untuk proses penilangan ETLE, alatnya sudah terkonfirmasi ke Korlantas, dan yang mengeluarkan surat tilang langsung dari pusat. Hasil foto dari kamera akan diverifikasi ke Korlantas baru dikirim ke masyarakat,” jelasnya.

AKBP Yolanda menambahkan, masyarakat dapat melakukan konfirmasi jika terdapat kesalahan data yang dikirimkan oleh ETLE. Misalnya terjadi pelanggaran lalu lintas dengan nama berbeda dari pemilik kendaraan, maka dapat melakukan konfirmasi ke kantor polisi.

Baca Juga: Polres Purworejo Bekuk 7 Pelaku Curanmor

Operasi Zebra 2022 dimulai tanggal 3 hingga 14 Oktober, dengan melibatkan 55 orang yang terdiri dari gabungan dari Dishub, TNI, Polri, dan Satpol PP. Pemantauan menggunakan ETLE mobile, dilakukan dengan 22 alat khusus yang hanya bisa digunakan oleh petugas operasi zebra.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

KPU Temanggung Tetapkan 6 Dapil Pemilu 2024 Mendatang

Senin, 28 November 2022 | 18:40 WIB

3 Anggota Keluarga Tewas di Magelang, Dugaan Diracun

Senin, 28 November 2022 | 15:39 WIB

Kota Magelang Raih 6 STBM Award dari Kemenkes

Sabtu, 26 November 2022 | 10:15 WIB

Pelajar Gelar Doa Bersama, Untuk Korban Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 10:14 WIB

1.300 Petani Tolak Kenaikan Cukai

Sabtu, 26 November 2022 | 10:02 WIB
X