Lesatan Anak Panah Siap Mengudara Semarakkan HUT Kulon Progo

- Senin, 3 Oktober 2022 | 10:35 WIB
Hasil karya peserta asal luar daerah dari event Lomba Cipta Logo Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo yang berhasil mendapatkan apresiasi dari Pj. Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana, Kamis (15/9). (SM/Dok)
Hasil karya peserta asal luar daerah dari event Lomba Cipta Logo Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo yang berhasil mendapatkan apresiasi dari Pj. Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana, Kamis (15/9). (SM/Dok)

KULON PROGO, suaramerdeka-kedu.com - Dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Kulon Progo Ke-71 yang jatuh pada tanggal 15 Oktober 2022, Pemkab Kulon Progo Launching Logo Hari Jadi Ke- 71 Kabupaten Kulon Progo Tahun 2022 di Dermaga Wisata Glagah, Kamis (15/9/2022).

Launching Logo Hari Jadi Ke-71 ini merupakan hasil dari Lomba Cipta Logo Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo ke-71 tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Panitia Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo ke-71 tahun 2022 melalui Dinas Pariwisata Kabupaten dan Bagian Pemerintahan Setda Kulon Progo.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat daerah Jazil Ambar Was'an selaku panitia penyelenggara dalam laporannya mengatakan tujuan dilaksanakannya perlombaan ini adalah untuk menumbuhkan rasa cinta daerah sekaligus sebagai bentuk apresiasi, penghargaan, dan membangun kreativitas masyarakat Kabupaten Kulon Progo pada khususnya serta untuk menggaungkan Kabupaten Kulon Progo diseluruh Indonesia.

"Pesertanya tidak khusus warga Kulon Progo, namun sesuai misi kita untuk menggaungkan Kulon Progo diseluruh tanah air, paling tidak melalui media ini Kulon Progo lebih dikenal banyak oleh masyarakat luar Kulon Progo," jelasnya.

Dilaporkan oleh Jazil bahwa lomba telah dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus sampai 12 September 2022, dengan total 817 peserta. Selanjutnya dilaksanakan pada tanggal 13 September 2022 oleh Dewan Juri Dr. Sumbo Tinarbuko, M.Sn. (Akademi), Drs. Dwi Suyamto, M.Sn. (Dewan Kebudayaan), dan Kuntadi (Persatuan Wartawan Kulon Progo).

"Bagi yang terpilih tiga besar akan mendapatkan piagam penghargaan masing-masing 5 juta untuk juara pertama, 3 juta untuk juara kedua, dan 2 juta untuk juara ketiga," imbuh Jazil.

Adapun Logo Hari Jadi Ke-71 yang berhasil menjadi juara pertama merupakan karya dari Kusmaya warga Kota Bandung Jawa Barat. Logo tersebut divisualisasikan membentuk sebuah panah sangat cocok dan tepat dengan tema yang diusung yaitu Bangkit Bersama, Ekonomi Tertata, Sejahtera Tercipta. 

Baca Juga: Bupati Datangi Rumah Mbah Parno Yang Belum Teraliri Listrik

Dari urain makna yang dilampirkan peserta, bentuk panah dapat dipresentasikan sebagai tujuan dan arah yang jelas, perhitungan yang cermat, konsentrasi, dan keterbukaan. Warna hijau pada angka 7 dapat dipresentasikan sebagai kemakmuran yang dicapai, menciptakan kesejahteraan sekaligus memberikan rasa aman. Sedangkan warna orange pada angka 1 dapat dipresentasikan sebagai sikap optimis dalam meraih tujuan, semangat yang tak pernah padam, dan kepercayaan diri akan hasil baik yang akan dicapai.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPU Temanggung Tetapkan 6 Dapil Pemilu 2024 Mendatang

Senin, 28 November 2022 | 18:40 WIB

3 Anggota Keluarga Tewas di Magelang, Dugaan Diracun

Senin, 28 November 2022 | 15:39 WIB

Kota Magelang Raih 6 STBM Award dari Kemenkes

Sabtu, 26 November 2022 | 10:15 WIB

Pelajar Gelar Doa Bersama, Untuk Korban Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 10:14 WIB

1.300 Petani Tolak Kenaikan Cukai

Sabtu, 26 November 2022 | 10:02 WIB
X