Siapkan Siswa Sekolah Vokasi ke Dunia Industri Melalui Kerjasama Dengan Perusahaan Berskala Internasional

- Senin, 3 Oktober 2022 | 10:25 WIB
Penandatanganan MoU antara pihak SMK TKM Tamansiswa Purworejo dengan PT. Bukaka Teknik Utama di ruang pertemuan sekolah tersebut (SM/Dok)
Penandatanganan MoU antara pihak SMK TKM Tamansiswa Purworejo dengan PT. Bukaka Teknik Utama di ruang pertemuan sekolah tersebut (SM/Dok)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com - Untuk menyiapkan siswa lulusan sekolah vokasi ke dunia industri, beberapa instansi sekolah menguatkan kerjasama dengan beberapa perusahaan berskala internasional. Tak hanya itu, berbagai pelatihan juga harus diberikan sejak dini kepada para siswa sekolah vokasi.

Seperti yang dilakukan SMK TKM Tamansiswa Purworejo yang melakukan kerjasama sekaligus mengundang Guru Tamu dari PT Bukaka Teknik Utama, Sabtu (1/10). PT Bukaka sendiri merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang engineering, prokureman dan kontruksi yang berkantor pusat di Bogor.

Peserta dalam program Guru Tamu ini adalah perwakilan siswa dari kelas XI dan XII, dengan menghadirkan narasumber Anton Fatoni, CSR dan General Affair PT Bukaka. Pada akhir kegiatan kemudian dilakukan penandatangan MoU antara kedua belah pihak di ruanh pertemuan sekolah tersebut.

Anton memperkenalkan diri dengan mengulas tentang profil perusahaan, dimana PT Bukaka merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang engineering, prokureman dan kontruksi.

Produk-produk dari PT Bukaka, seperti jembatan misalnya sudah banyak dipakai di dalam negeri dan banyak negara di dunia. Beberapa negara di Asia hingga Amerika Selatan telah menggunakan produk PT Bukaka ini.

“Karena ini kaitannya dengan industri, materi yang kami sampaikan kepada siswa terkait budaya kerja, bagaimana anak itu bisa berinteraksi dengan industri. Dalam budaya kerja ini, yang paling penting itu attitude-nya,” jelas Anton.

Dalam budaya industri, kata Anton, teknologi terus berkembang, jadi siswa harus bisa mengikutinya. Dan dalam MoU, PT Bukaka juga melakukan uji kompetensi. Hasil yang diujikan di sekolah, nantinya akan diverifikasi dari industri, sesuai tidak dengan kebutuhan industri.

Baca Juga: Hilang Berhari-hari. Gadis Di Temanggung, Ditemukan Meninggal dan Terkubur Di Belakang Rumah

“Kita juga sampaikan tentang teknik-teknik wawancara dan test psikotest,” pungkas Anton.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPU Temanggung Tetapkan 6 Dapil Pemilu 2024 Mendatang

Senin, 28 November 2022 | 18:40 WIB

3 Anggota Keluarga Tewas di Magelang, Dugaan Diracun

Senin, 28 November 2022 | 15:39 WIB

Kota Magelang Raih 6 STBM Award dari Kemenkes

Sabtu, 26 November 2022 | 10:15 WIB

Pelajar Gelar Doa Bersama, Untuk Korban Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 10:14 WIB

1.300 Petani Tolak Kenaikan Cukai

Sabtu, 26 November 2022 | 10:02 WIB
X