Wabup Dorong Disdukcapil selalu Berikan Layanan Prima

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 15:48 WIB



WONOSOBO, suaramerdeka-kedu.com - Disdukcapil menyelenggarakan bimbingan teknis administrasi kependudukan. Forum diskusi ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.

Kepala Disdukcapil Wonosobo, Tarjo, menyebut bimtek ini diikuti oleh sebanyak 200 orang peserta yang merupakan kasubag paten kecamatan serta petugas pelayanan capil, wilayah Garung dan Sapuran. Di antaranya yakni Kecamatan Garung, Kecamatan Kejajar, Kecamatan Mojotengah, Kecamatan Watumalang, Kecamatan Kalikajar, Kecamatan Kepil dan Kecamatan Kalibawang.

"Tujuan bimtek ini yaitu untuk menyamakan persepsi terkait mekanisme layanan administrasi kependudukan, seperti pendaftaran penduduk, pencatatan sipil dan pemanfaatan data kependudukan. Apalagi banyak pejabat kasubag paten baru dan perangkat desa yang menangani masalah kependudukan," jelas Tarjo pada saat bimtek, di Gedung Sasana Adipura, Kamis (29/9) sore.

Baca Juga: Polres Bagikan 100 Paket Sembako untuk Warga Terdampak Kenaikan BBM

Tarjo menambahkan, Disdukcapil selalu berupaya memberikan kemudahan masyarakat mengurus kependudukan. Dia mengaku terbatu oleh pemerintah desa, kelurahan maupun kecamatan. Sebab berbagao layanan kependudukan sudah bisa diurus melalui kantor pemerintahan setempat.

"Berbagai layanan kependudukan bisa diurus di kecamatan, seperti KTP dan KK. Begitu juga untuk tingkat desa mau bikin akta kelahiran dan kematian cukup melalui kelurahan. Petugas desa dan kelurahan akan membantu proses upload syarat sampai pencetakan. Semoga bimtek ini bisa menjadi sarana diskusi untuk meningkatkan pelayanan masyarakat,"imbuh dia.

Sementara itu Wakil Bupati Wonosobo M Albar mengajak untuk membangun Wonosobo dengan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Dia juga berharap akan lahir banyak terobosan dan inovasi yang semakin memberikan kemudahan bagi pelayanan kependudukan.

Baca Juga: Menengok Rumah Masa Kecil Jenderal Ahmad Yani di Purworejo, Setelah 57 Tahun Wafat Dalam G30SPKI

"Kita wajib membuat pelayanan masyarakat yang mudah dan bisa dimengerti, serta lebih mendekatkan diri pada masyarakat. Kalau pelayanan jauh, mereka tidak akan mengurus, jadi pelayanan yang dekat itu akan lebih menyenangkan," tutup Albar. (ang)

 
 

Editor: M. Nur Chakim

Terkini

KPU Temanggung Tetapkan 6 Dapil Pemilu 2024 Mendatang

Senin, 28 November 2022 | 18:40 WIB

3 Anggota Keluarga Tewas di Magelang, Dugaan Diracun

Senin, 28 November 2022 | 15:39 WIB

Kota Magelang Raih 6 STBM Award dari Kemenkes

Sabtu, 26 November 2022 | 10:15 WIB

Pelajar Gelar Doa Bersama, Untuk Korban Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 10:14 WIB

1.300 Petani Tolak Kenaikan Cukai

Sabtu, 26 November 2022 | 10:02 WIB
X