Menengok Rumah Masa Kecil Jenderal Ahmad Yani di Purworejo, Setelah 57 Tahun Wafat Dalam G30SPKI

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 06:57 WIB
Potret rumah masa kecil Jenderal Ahmad Yani yang masih berdiri kokoh dan ditempati keponakannya, di Desa Rendeng, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo (SM/Hafidz Kurnia)
Potret rumah masa kecil Jenderal Ahmad Yani yang masih berdiri kokoh dan ditempati keponakannya, di Desa Rendeng, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo (SM/Hafidz Kurnia)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com - Meski sudah 57 tahun lalu Jenderal Ahmad Yani wafat dalam peristiwa G30S PKI, rumah masa kecilnya saat ini masih berdiri kokoh, bahkan masih ditinggal oleh kerabatnya.

Rumah masa kecil itu ada di Desa Rendeng, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo. Rumah milik orang tua Ahmad Yani itu meninggalkan banyak barang-barang yang penuh dengan kenangan.

Seperti yang dituturkan oleh keponakan Jenderal Ahmad Yani, Bambang Purnawanto bahwa di rumah ini memang banyak foto-foto masa lalu Jenderal Ahmad Yani, dan barang-barang lain.

Bambang bersama keluarganya hingga saat ini masih merawat dan menempati rumah masa kecil Ahmad Yani ini.

"Peninggalannya selain rumah ada tempat tidur, lemari, yang banyak itu foto-foto," kata Bambang saat ditemui dirumah tersebut, Jumat (30/9).

Sejarah dari rumah ini, berdasarkan penjelasan Bambang sebenarnya adalah rumah orang tuanya Jenderal Ahmad Yani yang bernama Wongsorejo.

Beliau memiliki 3 anak, yang pertama Ahmad Yani, kedua Asmi, dan ketiga Asinah.

"Ini rumah arsitekturnya jama dahulu, beliau dulu sering ke Eropa maka rumah ini mirip rumah-rumah di Eropa," kata Bambang.

Selain memiliki rumah di Purworejo, dahulu Jenderal Ahmad Yani juga sempat membuat sekolah. Dulu di Desa Rendeng ini tidak ada sekolah, dan anak-anak harus sekolah di tetangga desa.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPU Temanggung Tetapkan 6 Dapil Pemilu 2024 Mendatang

Senin, 28 November 2022 | 18:40 WIB

3 Anggota Keluarga Tewas di Magelang, Dugaan Diracun

Senin, 28 November 2022 | 15:39 WIB

Kota Magelang Raih 6 STBM Award dari Kemenkes

Sabtu, 26 November 2022 | 10:15 WIB

Pelajar Gelar Doa Bersama, Untuk Korban Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 10:14 WIB

1.300 Petani Tolak Kenaikan Cukai

Sabtu, 26 November 2022 | 10:02 WIB
X