Pelayanan Cuci Darah Pasien Gagal Ginjal di Purworejo Belum Maksimal, RS Amanah Umat Buka Layanan Hemodialisis

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 06:50 WIB
Direktur RS Amanah Umat beserta tamu undangan meninjau ruangan pelayanan Hemodialisis di RS Amanah Umat Purworejo (SM/Hafidz Kurnia)
Direktur RS Amanah Umat beserta tamu undangan meninjau ruangan pelayanan Hemodialisis di RS Amanah Umat Purworejo (SM/Hafidz Kurnia)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com - Kabupaten Purworejo saat ini krisis dokter sub spesialis ginjal dan hipertensi. Saat ini di Purworejo baru ada satu dokter spesialis tersebut.

Dengan kelangkaan itu maka pelayanan untuk hemodialisis atau cuci darah bagi pasien gagal ginjal juga menjadi belum maksimal.

Melihat hal tersebut, Rumah Sakit (RS) Amanah Umat Purworejo berinisiatif untuk mulai membuka pelayanan Hemodialisis dengan menggunakan 10 mesin cuci darah.

Peresmian pembukaan layanan itu diselenggarakan di ruang rapat RS tersebut pada Jumat (30/9).

Dirktur RS Amanah Umat, Gustanul Arifin mengemukakan, berdasarkan data ada 138 orang di Purworejo yang harus mendapat layanan cuci darah. Dari data itu ada 31 pasien yang belum terlayani.

Hal itu disebabkan oleh kelangkaan dokter spesialis di bidang tersebut. Untuk membuka layanan hemodialisis atau hemodialisa ini butuh satu dokter spesialis sebagai penanggung jawab.

Untuk menjadi dokter spesialis ginjal dan hipertensi, dokter umum perlu menyelesaikan pendidikan spesialis penyakit dalam lebih dulu, lalu melanjutkan pendidikan subspesialisasi.

"Karena tenaganya tidak ada, tenaganya terbatas, karena yang ahli di bagian ini kan terbatas, dokter spesialis ini baru satu, Dokter Sri, jika belum ada yang spesialis ini dulu pakai dokter tamu dari RS Sardjito yang otomatis tidak bisa setiap hari, hanya seminggu sekali," ungkapnya usai acara peresmian.

Pihaknya berkeyakinan bahwa rumah sakit harus membuat sebuah inovasi layanan unggulan yang rumah sakit lain belum ada.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPU Temanggung Tetapkan 6 Dapil Pemilu 2024 Mendatang

Senin, 28 November 2022 | 18:40 WIB

3 Anggota Keluarga Tewas di Magelang, Dugaan Diracun

Senin, 28 November 2022 | 15:39 WIB

Kota Magelang Raih 6 STBM Award dari Kemenkes

Sabtu, 26 November 2022 | 10:15 WIB

Pelajar Gelar Doa Bersama, Untuk Korban Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 10:14 WIB

1.300 Petani Tolak Kenaikan Cukai

Sabtu, 26 November 2022 | 10:02 WIB
X