Pilkades 3 Desa di Wonosobo Rawanb Konflik

- Kamis, 29 September 2022 | 17:53 WIB

WONOSOBO, kedu.suaramerdeka.com - Komisi A DPRD menyebut terdapat tiga desa yang diprediksi dinamika politiknya cukup tinggi dalam Pilkades 2022 Oktober mendatang. Desa harus memiliki pemimpin dengan sumber daya manusia memadai. Polres siap menurunkan 600 personel dalam pelaksanaan pilkades di 30 desa.

Wonosobo akan melaksanakan Pilkades 2022 serentak di 30 desa pada 26 Oktober mendatang. Tiga puluh desa tersebut berada pada 14 kecamatan, yaitu Wadaslintang, Kepil, Sapuran, Kaliwiro, Leksono, Selomerto, Kertek, Wonosobo, Watumalang, Mojotengah, Garung, Kejajar, Sukoharjo dan Kalibawang.

Ketua Komisi A DPRD Wonosobo Suwondo Yudistiro menyebut, ada tiga desa yang diprediksi dinamika politiknya cukup tinggi, yakni Desa Tegalsari Garung, Desa Beran Kepil dan Desa Kajeksan Sukoharjo. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya karena ada calon yang sudah bersaing dalam pemilihan sebelumnya.

Baca Juga: Polres Wonosobo Bekuk Tiga Orang Pencuri Sepeda Motor

"Selain itu juga ada calon incumbent dan para mantan kades yang memiliki dukungan sama-sama kuat. Atau karena adanya banyak calon yang berkompetisi, bisa juga karena adanya bakal calon yang tidak lolos seleksi, dan faktor lainnya," kata Suwondo saat dikonfirmasi Suara Merdeka, Kamis (29/9).

Kendati demikian, dia menilai situasi dan kondisinya masih bisa terkendali. Hal ini tentunya harus menjadi konsen pemerintah daerah dan diharapkan kepolisian bisa berkonsentrasi untuk pengamanan di beberapa titik rawan.

Suwondo menambahkan, permasalahan di desa sangatlah kompleks. Maka dari itu dibutuhkan pemimpin sosok yang memiliki kualitas sumber daya manusia mumpuni. Selain melihat pada parameter pengalaman, pendidikan juga perlu menjadi perhatian penting.

Baca Juga: Kedelai Naik, Pengrajin Tahu Tempe Terancam Gulung Tikar

"Menurut UU No 6 Tahun 2014 syarat maju kades minimal pendidikan tamat SMP, tapi kami harap pendidikan makin tinggi. Hal ini sekaligus mendorong masyarakat supaya lebih menyadari pentingnya meningkatkan pendidikan," ucap dia.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Terkini

KPPN Magelang Serahkan DIPA dan Alokasi TKD 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 16:14 WIB

Pembangunan Puskesmas Bejen Molor

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:26 WIB

DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB

Pemkot Magelang Raih SAKIP Predikat BB

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:28 WIB
X